Sudah Delapan Kali Panen, Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas Selalu Mengcek Tanaman

Kapolsek Jayapura Utara AKP Handry Bawilling didampingi anggotanya dan Ketua RT 02 RW 03 Kelurahan Angkasa Pura Jesman Siagiaan membersihkan kebun di lembah sunyi  RT 02 RW 03, Selasa (19/1) kemarin.( FOTO:  Elfira/Cepos)

Peran Polisi dalam Melaksanakan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini memerlukan seuatu kreatifitas untuk tetap memberi manfaat bagi orang lain, terutama bagi yang membutuhkan. Polsek Jayapura Utara pun telah melakukan berbagai cara dengan memanfaatkan lahan warga untuk menghasilkan tanaman yang bermanfaat, seperti apa?

Laporan-Elfira

Ketahanan pangan di tengah pandemi, personel Polsek Jayapura Utara menanam beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Seperti pohon tomat, cabe, terong, pepaya, sereh dan durian.

Empat lokasi yang menjadi tempat penanaman komoditas di lingkungan Polsek Jayapura Utara yakni halaman Mapolsek Jayapura Utara, lembah sunyi, jalan sabang Merauke dan belakang Pom Bensin Dok V. Tiga lokasi ini memanfaatkan lahan warga setempat.

Selasa (19/1), Cenderawasih Pos berkesempatan mengunjungi salah satu lokasi yang menjadi lahan ketahanan pangan bagi warga. Tepatnya di lembah sunyi  RT 02 RW 03. Di lahan dengan luas 6 meter kali 10 meter dan 6 meter kali 16, pohon tomat, cabe, durian dan papaya tumbuh subur.

Saat dikunjungi Cenderawasih Pos, Ketua RT 02 RW 03 Kelurahan Angkasa Pura Jesman Siagiaan baru saja menyiram tanaman yang baru ditanamnya bersama Unit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Japut sekitar seminggu lalu.  “Ini ketahanan pangan yang hasilnya untuk warga  setempat,” tutur Ketua RT yang tinggal di Lembah Sunyi ini.

Di tengah pandemi, menanam dengan memanfaatkan pekarangan yang ada begitu bermanfaat. Apalagi harga cabe saat ini cukup mahal hingga menembus harga Rp 100 ribu per kg. Di lahan tersebut, ia menanam terong, cabe, tomat, durian dan pepaya california.  “Nanti hasilnya kita nikmati bersama warga lainnya,” ucap pria asal Medan ini sembari tersenyum.

Tak ada kendala sejauh ini, perawatan dilakukan secara bersama-sama dengan warga dan dibantu oleh Bhabinkamtibmas. Malah, semua bibit yang ditanam dari Polsek Jayapura Utara.

Sementara itu, Kapolsek Jayapura Utara AKP Handry Bawilling mengaku warga begitu antusias dengan ketahanan pangan yang dibuat oleh anggotanya melalui Uniit Binmas Polsek Jayapura Utara. Bukan hanya memberikan pendampingan kepada warga, anggotanya juga memberikan bibit tanaman yang perlu ditanam dan pupuk.

“Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas kerap mengecek kondisi tanaman yang sudah ditanam, warga sangat berperan aktif,” ucap mantan Kasat Reskrim Waropen ini.

Selain tiga lokasi, kedepan masih ada lokasi  lahan pekarangan yang bakal ditanami. Begitu juga nantinya jika ada permintaan dari warga akan direspon. Sebelumnya, ketahanan pangan Polsek Japut memanfaatkan pekarangan Polsek dengan menanam papaya, cabe, tomat, terong, pisang, serei dan tanaman lainnya. Dimana hasil panen dari tanaman tersebut dibagikan ke penjata gereja dan pengurus masjid serta warga sekitar.   “Ditanam tiga bulan yang lalu, sudah enam kali kami panen. Bahkan pernah menye rahkan kepada tenaga pengajar di TK Kemala Bhayangkari. Dalam waktu dekat ini kami akan panen lagi dan membagikannya ke warga,” pungkasnya.(*/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *