Banjir Bandang Terjang Paniai

Anggota TNI-Polri bersama warga saat membersihkan sisa lumpur di badan jalan, Rabu (20/1). Foto: Polres Paniai for Ceposonline

JAYAPURA- Banjir bandang menerjang Kampung Uwibutu, Distrik Pania Timur, Kabupaten Paniai, Selasa (19/1) sekira pukul 18.30 WIT. Akibatnya, sejumlah rumah warga terkena banjir.
Adapun titik banjir antara lain di SD Yapis, rumah jabatan Bupati Paniai, Pos Lantas Polres Paniai, mes Perwira Polres Paniai dan asrama Polres Paniai serta beberapa rumah warga mulai dari depan RSUD, pertigaan Madi sampai depan jalan poros Madi-Enarotali.
Kapolres Paniai AKBP Naomi Giay mengatakan, tak ada korban jiwa dalam banjir bandang tersebut. Namun kerugiaan materil diperkirakan ratusan juta rupiah.
“Dengan kejadian tersebut, Pemda Kabupaten Paniai menyiagakan satu unit alat berat bersama empat unit truk untuk mengangkut sisa-sisa sampah dan lumpur,” terang Kapolres Naomi Giay saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Rabu (20/1).
Dijelaskan, bencana banjir bandang yang terjadi Selasa (19/1) malam dikarenakan curah hujan tinggi hingga terjadi longsor di depan jalan tanjakan RSUD yang membuat bendungan air  tidak dapat menahan di akibatkan banjir bandang.
“Postur geografis tanah di kabupaten Paniai umumnya mudah terjadi longsor dan tempat serapan air hujan sangat minim, sehingga pada saat curah hujan tinggi selalu terjadi longsor dan banjir,” beber Kapolres.
Menurutnya, pemukiman penduduk di Kabupaten Paniai khusunya di lokasi banjir bandang merupakan perumahan masyarakat tidak di tata baik.
Kondisi ini diperparah dengan drainase yang sudah penuh dengan sampah sehingga saat hujan deras air meluap ke mana – mana.
“Pemda melalui dinas teknis terkait melakukan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang tempat, serta pembangunan rumah diperhatikan dari berbagai aspek lingkungan,” paparnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *