Nakes Divaksin, Cegah Penularan ke Pasien

dr. Silwanus Sumule (gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., berharap semua tenaga kesehatan mau divaksinasi. Dengan tenaga kesehatan divaksin, maka tidak hanya melindungi dirinya sendiri, tapi juga melindungi orang lain di sekitarnya, tertutama para pasien yang dirawat, keluarga, hingga warga di sekitar lingkungan hidupnya.

Seperti diketahui, di tahap pertama – termin pertama, pelaskanaan program vaksinasi di Papua dilakukan di tiga kabupaten/kota, yakni Ibukota provinsi, dalam hal ini Kota Jayapura dan kabupaten yang berbatasan dengan ibukota provinsi, yakni Kabupaten Jayapura dan Mimika.

“Prinsip dalam dunia kedokteran, keselamatan pasien adalah hukum yang tertinggi. Kalau tenaga kesehatan tidak divaksin, kemudian kontak dengan pasien, maka berpotensi besar menularkan penyakit tersebut,” jelas dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., Senin (18/1) kemarin.

Untuk itu , dr. Sumule menaruh harapan besar bagi seluruh tenaga kesehatan di Provinsi Papua untuk menjadi agen perubahan bagi masyarakat, dengan memulai dari dirinya sendiri untuk segera divaksin.

“Vaksin yang diberikan ini adalah vaksin yang aman karena sudah melalui tahapan-tahapan. Sudah ada Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI),” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *