KPU Yalimo Masih  Tunggu Keputusan MK

Yehemia Walianggen. Denny/ Cepos

WAMENA-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo Yehemia Walianggen mengaku masih menunggu register gugatan yang bakal dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK) dari pemohon yang diajukan. Sebab,  sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari MK, apakah mengakomodir gugatan pemehon kepada termohon dalam hal ini KPU Yalimo atau tidak.

   “Kalau sudah update dari MK, kami KPU akan sampaikan kepada publik, namun sampai sekarang ini yang teregister gugatannya belum juga dikeluarkan pengumumannya sehingga kami dari KPU Yalimo juga masih menunggu,” ungkap  Yehemia, Senin Sore.

   Ia juga mengaku tak bisa melampaui keputusan MK, artinya kalau dilihat dari hasil perolehan suara atau batasan, memang sudah jauh. Namun semua itu dinilai oleh hakim MK soal pokok gugatan yang diajukan, kabupaten mana saja yang sudah teregiser dan bisa disidangkan.

   “Kemungkinan ada materi lain yang dinilai layak untuk disidangkan itu semua keputusan dari MK, kita sifatnya hanya menunggu saja, apakah gugatan yang diajukan termohon dalam hal ini paslon diakomodir MK atau tidak,”tegasnya.

   Materi lain yang dinilai MK, lanjut Yehemia Walianggen, mungkin fakta -fakta yang terjadi selama pelaksanaan pungut hitung,  apakah perolehan suara yang telah diumumkan itu melalui proses yang benar atau tidak,  itu berati akan berlanjut. Namun, jika mereka menilai dari ambang batas perolehan suara, artinya di Yalimo sudah melampaui batas itu.

   “Jadi kita kita hari ini menunggu apakah gugatan yang diajukan sudah diregister di buku registrasi MK atau tidak, sehingga untuk prosesnya saya tidak bisa berkomentar dulu.”ujarnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *