Harga  Cabai Rawit Lokal Masih Mahal

Suasana aktivitas pembelanjaan di Pasar Sentral Hamadi, Senin (18/1) kemarin. ( FOTO:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Memasuki minggu ke 3 di bulan Januari , sejumlah harga komoditi pertanian di pasar mulai stabil. Namun khusus untuk cabai rawit lokal masih menempati peringkat tertinggi dari semua harga komoditi pertanian di pasaran.

Lika penjual komoditi pertanian di Pasar Sentral Hamadi mengatakan,  memasuki pertengahan bulan Januari, sejumlah harga komoditi pertanian mulai stabil, akan tetapi untuk cabai rawit lokal harganya masih cukup tinggi.

“Hampir semua komoditi pertanian harganya stabil, seperti halnya bawang merah Rp 50 ribu/kg, bawang putih Rp 35 ribu/kg, tomat Rp 10 ribu/kg,  cabai keriting 30 ribu/kg, cabai besar Rp 50 ribu/kg dan cabai rawit lokal Rp 90 ribu/kg,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (18/1).

Diakuinya, harga cabai rawit lokal memang sejak Desember 2020 sudah mengalami kenaikan harga. Sementara untuk cabai rawit kiriman, pihaknya jual dengan harga Rp 80 ribu/kg.

“Untuk harga sayuran semua masih stabil. Seperti sayur kangkung, sawi dan bayam, rata-rata Rp 5 ribu/ikat tidak mengalami kenaikan harga. Untuk permintaan saat ini sudah stabil. Banyak usaha rumah-rumah makan yang mulai kembali aktif berjualan, membuat permintaan komoditi pertanian mulai meningkat ,” terangnya.

Pihaknya berharap adanya vaksin yang telah didatangkan oleh pemerintah, dapat membantu meningkatkan aktivitas masyarakat dan meningkatkan kegiatan ekonomi.

Hal senada juga diungkapkan Rita,  penjual komoditi pertanian di Pasar Pharaa Sentani bahwa  untuk saat ini harga komoditi pertanian masih stabil. Seperti halnya bawang merah Rp 50 ribu/kg, bawang putih Rp 35 ribu/kg, tomat Rp 10 ribu/kg, cabai besar Rp 40 ribu/kg, cabai keriting Rp 30 ribu/kg dan cabai rawit lokal Rp 80 ribu/kg.

“Saat ini harga cabai rawit lokal masih mahal, kisaran Rp 70 ribu – Rp 80 ribu/kg. Harga ini sudah sempat turun jika dibandingkan dengan harga sebelumnya yang tembus Rp 100 ribu- Rp 120 ribu/kg,” terangnya.

Ditambahkan, untuk saat ini harga sayuran masih stabil,  tidak mengalami kenaikan harga sejak Desember  sampai dengan saat ini. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *