Garuda dan Lion Tetap Terapkan Prokes di Pesawat

Suasana pelayanan di kabin pesawat Batik Air belum lama ini. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Terkait dengan penghapusan pembatasan penumpang pesawat dari Kementerian Perhubungan, Lion Air Group dan Garuda  Indonesia memastikan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Area Manager Lion Group  Wilayah Papua, Agung Setyo Wibowo mengatakan, terkait dengan penghapusan pembatasan penumpang 70 persen, sudah pihaknya terapkan sejak peraturan tersebut dikeluarkan.

“Namun kami tetap menyediakan 9 seat khusus untuk seat karantina. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan kami mengikuti dari Gugus Covid-19 dan KKP Bandara bahwa penumpang yang masuk di Bandara harus menunjukkan Rapid Antigent,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (18/1) .

Diakuinya, hal ini pihaknya sesuaikan dengan surat edaran dari Gugus Covid-19, sehingga untuk saat ini angkutan penumpang Lion Group sudah tidak dibatasi 70 persen, namun pemeriksaan bagi penumpang protokol kesehatan  tetap diberlakukan.

“Untuk saat ini tingkat okupansi pesawat masih low season sama halnya seperti yang terjadi setiap tahunnya, memasuki bulan Januari dan seterusnya permintaan penumpang pesawat cenderung low season, ketimbang permintaan penumpang pada saat libur sekolah dan  hari raya keagamaan,” terangnya.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Jayapura, Radithya Prastanika menjelaskan pihaknya sampai dengan saat ini tetap menggunakan physical distancing di dalam pesawat.

“Kami tetap menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang. Intinya untuk yang terbaik bagi penumpang tetap kami utamakan,” terangnya.

Sementara terkait okupansi, diakuinya permintaan masih stabil. Permintaan paling banyak tujuan Jayapura baik dari Jakarta maupun Makasar. Untuk yang keluar dari Jayapura belum terlalu banyak karena masih ada PSBB yang diberlakukan di daerah-daerah lain. Sedangkan untuk intra Papua masih dalam kategori normal. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *