Empat Terduga Pelaku Pengrusakan Diamankan

AKBP.  Cosmos Jeujanan ( foto: Polres Mappi for Cepos)

MERAUKE-Polres Mappi mengamankan 4 orang terduga pelaku pengrusakan bevak di Kepi ibukota Kabupaten Mappi, Minggu (17/1) sekira pukul 10.35.

Kapolres Mappi, AKBP. Cosmos Jeujanan mengatakan, empat orang yang diamankan ini masing-masing berinisial JA, BA, GA dan KF. Keempat orang ini menurut Cosmos Jeujanan diduga sebagai pelaku pengrusakan 2 bevak.

“Kasus pengrusakan bevak ini bermula dari permasalahan  tanah ulayat untuk lapangan upacara Pemkab Mappi yang rencananya dibayarkan di tahun 2021. Lapangan  tersebut, diklaim oleh 3 marga sebagai pemilik. Pertama, marga Marpemu, lalu marga Kamakaimu dan marga Agemu. Rencananya, Pemkab Mappi tahun ini, tanah tersebut akan dibayar secara bergiliran kepada marga Marpemu dan marga Kamakaimu,’’ jelasnya saat dihubungi via ponselnya, Senin (18/1).

Sementara marga Agemu, lanjut Cosmos Jeujanan tidak terima karena namanya  tidak ada. Hal ini memicu sekelompok  marga Agemu hendak menyerang ketua LMA marga  Kamakaimu. ‘’Mereka ke sana  mau serang di dekat lapangan. Tapi saya perintahkan anggota untuk segera redam rencana tersebut,” tutur Kapolres.

Kurang dari 20 menit, rencana penyerangan tersebut bisa  diredam  dan massa bubar.  Namun saat  bubar  itu,  lanjut Kapolres, mereka merusak 2 bevak. ‘’Itu bukan rumah tapi bevak.  Pelakunya sudah kami amankan dan periksa di Polres,” ungkapnya.

Saat kejadian, menurut Cosmos Jeujanan  massa Kamakaimu akan  bergeser ke Bandara, namun dirinya bersama Kabag Sumda  dan Kasat Narkoba langsung cegat di Mapolres sehingga massa Kamakaimu tersebut bisa pulang.

Cosmos Jeunanan menambahkan  situasi di Mappi apabila ada permasalahan yang terjadi seperti  itu, warga keluar dengan membawa anak panah, busur, parang,  kampak dan ketapel. “Tapi permasalahannya sudah kita redam dan selesaikan kemarin,’’ pungkasnya. (ulo/fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *