Tingkatkan Pelayahan Kesehatan, Layanan  Ambulans Laut Diluncurkan

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika menyerahkan secara simbolis kunci ambulans laut (speed) dan ambulanS darat di beberapa Puskesmas telah memimpin apel di Halaman Kantor Dinas Kesehatan, Jumat (15/1). ( foto: Fiktor/Cepos)

BIAK-Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd kembali meluncurkan satu layanan publik terbaru di bidang kesehatan. Layanan tersebut berupa armada ambulans laut, yang bakal beroperasi di kawasan kepulauan di sekitar wilayah perairan Padaido/Aimondo dan Numfor.

  Ambulans yang didesain dari speed boat ini untuk keperluan pengangkutan pasien yang akan mendapatkan pelayanan ke Puskemas dan Rumah Sakit di Biak. Kendaraan dilengkapi dengan sejumlah  kelengkapan lainnya yang akan membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

   “Jadi ambulans laut ini penting dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang lebih cepat kepada masyarakat. Saya berharap dengan ambulans laut ini akan berapa di wilayah kepulauan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik,” ujar Bupati.

   Kehadiran Ambulans Laut ini tentu sangat bermanfaat untuk mengantisipasi adanya pasien yang perlu mendapatkan perawatan serius di tingkat Puskesmas dan secara khusus ketika dirujuk ke rumah sakit (RSUD) di Kota Biak.

   “Walau baru tersedia dua unit, ambulans ini bisa menjadi solusi pada situasi darurat. Terutama saat masyarakat pulau harus segera dirujuk ke pusat kota untuk memperoleh perawatan yang lebih lengkap,” kata Herry Naap.

   Selain ambulans laut, Bupati juga menyerahkan secara simbolis empat (4) buah mobil ambulans untuk empat Puskesmas, 4 kendaraan operasional Dinas Kesehatan, dan 12 unit kendaraan roda dua yang akan digunakan sebagai kendaraan dinas operasional perawat di tingkat Puskesmas.

  Sementara itu, menurut Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Biak Numfor  Daud Duwiri, S.KM.,M.Kes, menambahkan ambulans baik di laut maupun di darat merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama 24 jam.

  “Ambulans Laut ini disiapkan untuk membantu Puskesmas dan melayani seluruh pulau,” ucapnya.

   Selain menjadi angkutan masyarakat yang sedang sakit, Ambulans Laut juga telah dilengkapi dengan beragam peralatan penunjang kesehatan, dan dengan hadirnya ambulans tersebut sangat bisa diandalkan dalam memberikan pertolongan pertama dan perawatan kepada pasien. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *