Hari Ini Vaksinasi Nakes di Kota Jayapura Dimulai

dr. Aroon Rumainum, M.Kes ( FOTO: Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., menjelaskan bahwa total tenaga kesehatan (nakes) yang telah mendaftar menjadi penerima vaksin di tingkat provinsi Papua telah mencapai 7.100 orang.

“Di tingkat provinsi Papua sudah 7.100 nakes. Namun, di tingkat Kota Jayapura masih 1.000 nakes dari jatah untuk Kota Jayapura yang mencapai 3.000 nakes,” terang dr. Aaron Rumainum, M.Kes., Jumat (15/1) kemarin.

Kata dr. Rumainum, launching vaksin di tingkat Kota Jayapura akan dimulai pada Sabtu (16/1) hari ini. Sedangkan kegiatan vaksinasi di RSUD Jayapura sendiri akan dilanjutkan pada Senin (18/1) pekan depan. Sementara untuk dua kabupaten lainnya, yakni Mimika dan Kabupaten Jayapura, melakukan vaksinasi terhadap nakes pada Kamis (21/1) pekan depan.

“Mimika dan Kabupaten Jayapura itu sudah mau mulai vaksinasi, tapi semua nakes harus ikut pelatihan vaksinator dulu. Karena ini program pertama imunisasi pada orang dewasa dan vaksin Covid 19 ini adalah yang pertama, sehingga tidak boleh buru-buru. Harus ikut pelatihan vaksinator dulu tenaga kesehatan di dua daerah  ini,” jelasnya.

Disebutkan dr. Rumainum bahwa pelatihan vaksinator akan dimulai minggu depan, tepatnya selama tiga hari dari 18 – 20 Januari, sehingga pada 21 Januari vaksinasi dilakukan.

“Vaksinator yang sudah dilatih itu ada 143 ditambah kami 9 pelatih jadi totalnya ada 152 vaksinator. Itu di Kota Jayapura saja. Yang nanti kita latih itu di Mimika 100 orang dan Kabupaten Jayapura 100 orang. Minggu depan pelatihannya dilakukan secara virtual. Kita target sampai akhir bulan ini ada 2.100 vaksinator. Sedangkan total vaksinator di Papua itu harus capai 4.000 orang,” pungkasnya. (gr/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *