2021, Sektor Tambang Rakyat Masih Menjanjikan

Frets Boray ( FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Memasuki 2021 ini, sektor pertambangan rakyat dinilai menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Papua yang menjanjikan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua, Frets Boray, bahwa dalam satu bulan saja, pihaknya mencatat pertambangan rakyat yang mampu menghasilkan PAD mencapai Rp 35 miliar.

“Jika pertambangan ini dikelola dengan baik, maka PAD akan meningkat. Kami sedang mendesain dan merencanakan bagaimana kelayakan terkait pertambangan rakyat di Papua,” kata Frets Boray, Kamis (14/1) lalu.

Menurutnya, kontribusi yang dibayarkan oleh penerimaan negara bukan pajak sekiranya 3,75 persen dari produksi.

“Bisa dibayangkan jika 3,75 persen dari yang dihasilkan. Jadi berapa kg yang dihasilkan dan bahkan bisa lebih dari angka yang kita perkirakan,” terangnya.

Kata Boray, saat ini pihaknya terhambat dengan biaya operasional dalam melakukan kajian. Sebab harus melibatkan tim yang besar hingga menyewa pesawat.

“Dalam melakukan kajian harus mendalam, sehingga diperlukan tim yang besar. Dalam kajian juga dapat dikonversikan lahan pada pertambangan rakyat dalam satu tahun, dengan begitu dapat diprediksikan berapa peluang yang ada,”  jelasnya.

Selain itu, melihat aturan saat ini  maka perijinan tidak sepenuhnya dari pemerintah daerah, namun harus melalui  pemerintah pusat terlebih dahulu, setelah itu gubernur bisa keluarkan izinnya.

”Jadi kami harap segera ditetapkan rekomendasi pertambangan rakyat. Sumber penerimaan bukan untuk ESDM, tapi penerimaan untuk pemerintah daerah dan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya. (gr/ary)

1 thought on “2021, Sektor Tambang Rakyat Masih Menjanjikan

  1. Kuyyy guyss yang jauh mendekat, yang dekat merapat.
    Bingung memilih situs Judi Online Terbaik & Terlengkap
    Gabung aja guys besama kami di https://siputlari.com/
    Banyak promo menarik untuk anda semua
    Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya
    Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *