Masih Banyak Warga Tidak Disiplin Prokes

Mama-mama pedagang Pasar Wamanggu yang tidak menggunakan masker saat menggelar dagangannya depan pasar Wamanggu atau di sekitar jalan Paulus Nafii Merauke. (FOTO:Sulo/Cepos)

MERAUKE – Kendati Pemkab Merauke telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB, namun masih banyak warga Merauke yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Misalnya dalam hal penggunaan masker di tempat umum seperti pasar.
Terlihat masih banyak pedagang maupun pengunjung yang tidak menggunakan masker dengan berbagai alasan pembenaran. Begitu juga pengendara sepeda motor, masih banyak yang tidak menggunakan masker. “Bayangkan kalau dia sudah positif Covid tapi tidak bergejala. Kemudian dia bersin di jalan tanpa mengunakan masker, maka berapa jumlah orang yang ada di belakangnya yang bisa kena virus jika ada yang tidak menggunakan masker juga,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Neville R. Muskita.
Neville juga menilai PSBB tersebut tanpa disertai dengan pengawasan dan pemberian sanksi yang tegas bagi pelanggarnya maka PSBB yang diterapkan tersebut tidak akan berjalan secara efektif. Karena itu menurutnya, Satpol PP didukung TNI dan Polri sesuai dengan surat edaran bupati terkait PSBB tersebut harus mengambil tindakan tegas bagi pelanggarnya.
Wakil Bupati Sularso, SE, mengungkapkan bahwa jika PSBB ini tidak efektif maka kemungkinan akan diterapkan lockdown lokal. “Tentunya ini untuk kepentingan kita bersama, sehingga kita harus mendukung satu sama lain. Bukan hanya kepentingan pemerintah dan masyarakat tapi merupkan kepentingan bersama,” tandas Wabup Sularso.
Sementara itu, dalam rangka penerapan protokol kesehatan tersebut, Kapolsek Merauke Kota bersama anggotanya melakukan imbauan dan pembagian masker kepada pedagang dan pengunjung Pasar Wamanggu Merauke. Pembagian masker dan imbauan ini dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 yang sekarang ini sudah secara transmisi lokal. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *