Pergoki Pencuri, Pedagang Pasar Jibama Ditikam

Korban Aswar saat didampingi keluarganya usai mendapatkan penanganan medis di RSUD Wamena Selasa (12/1) kemarin. ( FOTO: Denny/ Cepos)

Satu Pelaku Ditangkap Warga dan Diserahkan ke Kepolisian

WAMENA-Kasus pencurian yang disertai dengan kekerasan kembali terjadi di kawasan Pasar Jibama Wamena, kali ini menimpa salah satu pemilik kios bernama Aswar. Korban mengalami luka tikam tembus di bagian lengan kiri, luka tikam tembus di bagian kaki, dan luka sayatan di bagian atas perut.

   Korban ditikam usai memergoki Pelaku JE (23) dan residivis berinisial JL (26) membongkar kios miliknya dan kios korban lain atas nama Afdal  pada Selasa (12/1) sekitar pukul 03.25 WIT dinihari.

   Dari aksi pencurian dan kekerasan itu , warga bersama dengan kepolisian berhasil mengamankan salah satu pelaku dengan inisial JE, sedangkan JL berhasil kabur dan masih dalam pencarian. Sementara barang bukti yang diamankan dari JE, selain sebilah sangkur, juga ada uang yang diambil dari kios sebesa  Rp 1.443.000.

  “Kita sudah amankan satu pelaku berinisial JE di Polsek Wamena, sedangkan satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri dan sementara ini masih dalam pengajaran,” ungkap Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen , SSos, MM  ketika dikonfirmasi Selasa (12/1) kemarin.

   Kapolres mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Jayawijaya tetap kondusif, jangan mudah terprovokasi dan tidak membawa Sajam berkeliaran, apalagi menjual maupun mengkonsumsi Miras karena pihak kepolisian akan melakukan tindakan tegas.

   Sementara itu Kasat Reskrim Polres Jayawijaya Iptu Mattinetta, S.Sos, MM menyatakan kronologi aksi curas ini berawal sekitar Pukul 03.24 WIT, korban Aswar mendengar suara berisik dari kios sebelah dan menanyakan ke saudara Afdal memalui pesan singkat kemudian korban Afdal membalas pesan kalau ada dua orang pemuda di dalam kios sedang merampok isi laci yang berisikan uang penjualan.

  “Korban Afdal berteriak namun kedua pelaku melarikan diri dari dalam kios dengan berlawanan arah, namun Korban Aswar yang menjaga kios konter mengejar pelaku JE dan korban Afdal mengejar pelaku JL namun tidak dapat dikejar,”jelasnya

   Korban Aswar  yang mendapati dan menahan pelaku JE kemudian pelaku menikam korban. Korban Afdal yang melihat itu langsung membangunkan warga dengan cara memukul tiang listrik untuk mengumpulkan warga sekitar.

   “Kemudian warga mendatangi  Aswar dalam keadaan terlentang di tanah sambil menahan pelaku, dan Warga sekitar mengamankan pelaku dengan cara mengikat dengan tali agar tidak melarikan diri.”bebernya

   Disaat itu Ketua Asosiasi pedagang wilayah Pasar Jibama menelfon personil Intelkam Polres Jayawijaya bahwa di Pasar Jibama telah terjadi pencurian yang mengakibatkan korban mengalami luka tikam. Personel menyampaikan ke penjagaan Polsek Wamena Kota untuk mendatangi TKP di Pasar Jibama jalan JB Wenas.

   “Personil Polsek Wamena Kota mengantar Korban ke RSUD Wamena untuk mendapatkan penanganan medis dan mengamankan pelaku beserta barang bukti ke Polsek Wamena Kota dan telah dilimpahkan ke Sat Reskrim Polres Jayawijaya.”tutupnya Kasat Reskrim. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *