Tahap Pertama, Ribuan Nakes di 3 Kabupaten/Kota Divaksin

JAYAPURA- Berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan diketahui bahwa pelaksanaan vaksinasi di daerah akan dilaksanakan serentak di 34 provinsi pada 14 Januari mendatang.

Sasaran vaksinasi pada Januari – Februari adalah SDM kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan, dilakukan dalam jangka waktu yang luas dengan sistematika pengaturan jadwal vaksinasi, sehingga tidak mengganggu pelayanan kesehatan lainnya. Demikian fokus awal pelaksanaan di bulan Januari adalah ibukota provinsi dan kabupaten/kota yang berbatasan dengan ibukota.

Demikian, dalam lampiran rencana distribusi vaksin Covid 19 tahap 1 termin 1 pada Januari ini, diketahui bahwa alokasi distribusi vaskin di Papua mencapai 14.680 vaksin, yang mana telah tiba di Jayapura beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, sudah tercatat pula sumber daya manusia kesehatan (SDMK) yang akan mendapatkan vaksin. Ditahap pertama, termin pertama ini, terdapat 3 kabupaten/kota, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Mimika.

Sebanyak 3.464 tenaga kesehatan di Kota Jayapura, 1.343 tenaga kesehatan di Kabupaten Jayapura, dan 1.160 tenaga kesehatan di Mimika yang nantinya akan menerima vaksin Covid 19 di tahap dan termin pertama ini.

Seperti diketahui bahwa vaksinasi merupakan satu langkah yang diambil pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid 19, dengan tujuan meningkatkan kekebalan tubuh individu dan kelompok, serta menjaga kesehatan masyarakat, sehingga dapat memutus mata rantai penularan Covid 19. (gr/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *