George Waromi Calonkan Diri jadi Ketum Kadin Papua

Caketum Kadin Papua  George Waromi (kiri) bersama tim suksesnya Eka Kambuaya memberikan keterangan pers kepada wartawan. George Waromi mengaku siap menjadikan Kadin Papua  berubah lebih baik lagi sesuai visi dan misinya untuk Kadin Papua  Periode 2021-2026, Senin (11/1)kemarin.  ( FOTO: Priyadi/Cepos)

Siap Bawa Kadin Papua  Berubah untuk Kesejahteraan dan Kemadirian

JAYAPURA-George Waromi resmi mendaftarkan diri jadi Calon Ketua umum (Caketum) Kadin Provinsi Papua  Periode 2021-2026. Pencalonan tersebut akan dilakukan pemilihan pada Muprov VII Kadin Papua  tahun 2021 pada 19 Januari Pekan depan di Sentani.

George Waromi mengatakan, latar belakang dirinya mencalonkan diri menjadi Ketum Kadin Papua  yakni, ingin membuat perubahan di Kadin Papua , membuat para pengusaha lokal bisa eksis dan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi di Papua  serta membantu pemerintah dalam sektor pembangunan dan perekonomian di Papua .

Untuk visi misi yang dibuat George Waromi yakni, visi mewujudkan dunia usaha dan industry di Provinsi Papua  untuk partisipasif  dalam globalisasi dan regionalisasi dalam aksi lokal menuju Papua  yang mandiri dan sejahtera. Sedangkan misi, pemantapan manajemen pengelolaan Kadin yang bersinergi dengan kebijakan pemerintah, konsolidasi organisasi profesi untuk saling bersinergi membangun ketahanan ekonomi lokal yang kuat dan membangun karakter ke Papuaan,  memperkuat strata usaha mikro, kecil, menengah, melalui usulan kebijakan affirmative action dan channeling.

Kemudian menempatkan Provinsi Papua  sebagai jembatan perdagangan antara Asia Timur dan negara -negara pasifik, menjadi katalis pertumbuhan investasi di Papua  yang berorientasi pada keseimbangan lingkungan hidup dan optimalisasi pengelolaan SDA, mentransformasikan dunia usaha Papua  dari konsumtif, distribusi menjadi produsen dan market leader, bekerjasama dengan Pemprov Papua  untuk pengembangan SDM di bidang bisnis teknologi dan pengembangan produk unggulan.

George Waromi sendiri dalam berorganisasi banyak menempati posisi startegis salah satunya  mulai dari Wakil Ketua Kadin Papua  sampai saat ini,  maupun organisasi lainnya, bahkan berdirinya Gedung Kadin Papua  ini juga hasil campur tangan dirinya, sehingga ia termotivasi untuk mencalonkan diri menjadi Ketum Kadin Papua.

  “Ketua Kadin harus bisa mengerti ini, kenapa OAP miskin di tanah sendiri, orang Papua  tidak bisa banyak memiliki Ruko karena dari sisi sektor rill tidak bisa tersentuh, karena informasi dunia usaha sektor mikro, makro tidak sampai masyarakat,’’ucapnya.

“Saya kasihan selama 5 tahun ini Kadin Papua  tidak bisa berfungsi dan jalan padahal luas dan besar peran Kadin, sehingga jika terpilih saya akan mengangkat harkat, derajat, martabat dan merangkul semua pengusaha OAP,’’sambungnya.

Ditambahkan,  Kadin juga bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah, karena peran Kadin dalam pembangunan perekonomian ini besar, sehingga Kadin bisa menjelaskan kepada pemerintah jika ekonomi ini lambat atau tidak berjalan Kadin bisa menjelaskan.

“Provinsi Papua  mempunyai uang di Bank ini Capai Rp 54 triliun jika uang ini bisa dikelola digunakan dengan baik, Papua  tidak selalu impor tapi ekspor dengan SDA yang ada tentu akan maju dan ini yang akan saya akan sampaikan kepada pengusaha, bahwa kita mampu maju dan berkembang di Papua  ini,’’ungkapnya.

  Sementara itu, Ketua Panitia Muprov VII Kadin Papua  Franklin K. Demena mengatakan, pelaksanan Muprov Kadin Papua  yang direncanakan tanggal 9 Januari 2021 itu diundur ke tanggal 16 Januari dan diundurkan lagi tanggal 19 Januari 2021 karena panitia menyesuaikan jadwal Ketua Kadin Pusat yang akan hadir dalam acara tersebut, sehingga panitia melakukan persiapan pelaksanaan Muprov di hari Rabu (19/1) berlangsung di Hotel Sunny Garden, Sentani, Kabupaten Jayapura.

  Lalu dalam tahapan penerimaan pendaftaran Caketum dari Tanggal 4 Januari sekarang sudah ada 5 Caketum yang mendaftar dan tanggal 13 Januari 2021 ini terakhir menyampaikan berkas kemudian tanggal 14 Januari dilakukan ferivikasi dan mengumumkan tanggal 15 Januari.  “Kami panitia tetap bekerja secara maksimal dengan agenda yang sudah sepakati bersama, berdasarkan petunjuk dan arahan Kadin Indonesia,’’katanya.

Sekadar diketahui, Caketum yang sudah mendaftar lima orang yakni Frankin O. Demena, George Waromi, Jacklin Yoku, Radia Wanggai dan Yance Mote. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *