Kontak Tembak, Satu Anggota TNI Gugur

Jenazah anggota TNI Prada Agus Kurniawan saat dievakuasi dari Intan Jaya ke Mimika menggunakan helikopter Karakal dan helikopter bell, Minggu (10/1).(FOTO: istimewa)

JAYAPURA-Satu orang anggota TNI dari YR 400/BR Prada Agus Kurniawan gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) di Pos Titigi Kabupaten Intan Jaya, Minggu (10/1) kemarin. Anggota dengan jabatan Tabanjupon itu gugur setelah mengalami luka tembak di bagian punggung.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, jenazah sudah dievakuasi dari Titigi ke Sugapa. Kemudian dari Sugapa dievakuasi menggunakan helikopter karakal dan helikopter bell. “Direncanakan Senin (11/1) akan dievakuasi ke kampung halamannya,” ucap Danrem Iwan Setiawan saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telfon selulernya, Minggu (10/1).

Danrem tak menuturkan secara rinci kronologi kejadian, apakah saat patroli atau operasi. Pasalnya almarhum di bawah naungan Satgas Pinangsiri yang berada di Timika. “Saya tidak tahu pasti, yang jelas anggota itu berada di sekitaran Titigi titik kuat dari Batalyon 400/rider,” terangnya.

Dikatakan, situasi di Intan Jaya pasca kejadian seluruh prajurit siaga. Sementara untuk anggota YR 400/BR sendiri melaksanakan pengejaran terhadap pelaku penembakan. Aktivitas menurutnya warga berjalan seperti biasa. Namun  anggota meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan kegiatan patroli maupun kegiatan sweeping sebagaimana protap yang sudah ada.

“Situai di Intan Jaya Siaga 1, anggota meningkatkan kewaspadaan sehingga semuanya bisa aman dan situasi cepat terkendali,” tegasnya.

Sebelumnya pada Rabu (6/1) terjadi pembakaran Pesawat MAF PK-MAX yang dipiloti Alex Luferchek Warga Negara Amerika di Bandara Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya yang dilakukan oleh KKB.

Hingga saat ini, anggota belum bisa mengindentivikasi pembakaran pesawat lantaran belum turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan olah TKP. Hal ini dikarenakan jalur yang bisa ditempuh ke lokasi hanya menggunakan jalur udara. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *