Hujan Deras, Airu Terendam Banjir

Kondisi salah satu rumah warga di Kampung Kamikaru, Distrik Airu yang terendam banjir, Rabu, (6/1). (FOTO: Dok istimewa)

SENTANI- Kampung Kamikaru, Distrik Airu Kabupayen Jayapura dilaporkan dilanda banjir, Rabu (6/1). Informasi mengenai terjadinya bencana tersebut ramai diperbincangkan di lini masa facebook oleh sejumlah pemilik akun. Salah satunya yang berhasil dikutip oleh Cenderawasih Pos dari salah satu akun bernama Tomas Airure. Dalam postingannya, Tomas menginformasikan, Kampung Kamikaru, Distrik Airu dilanda Banjir, Rabu (6/1). Banjir tersebut merupakan kejadian yang kedua melanda wilayah itu.
“Bencana tahunan terjadi yang kedua kali di Kampung Kamikaru, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura pada , 6 Januari 2021 setelah diguyur hujan deras, mohon pihak berwajib turun lapangan, diperkirakan warga alami kerugian hingga ratusan juta.Terima kasih sumber info Thomas Airure,” demikian pernyataan pemilik akun atas nama Thomas Airure ,sebagaimana dikutip media ini dari laman Facebook, Kamis (8/1).
Selain itu, pemilik akun juga menyertakan beberapa foto dari rumah dan kompleks pemukiman warga yang sudah terendam banjir.
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, ketika dikonfirmasi media ini mengaku, sudah mengetahui mengenai adanya bencana yang melanda Kampung Kamikaru, Distrik Airu itu. Pihaknya, sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Jayapura untuk mendaftar dan juga menyerahkan bantuan kepada warga yang terkena dampak akibat banjir bandang tersebut.
“Kita sudah mendapatkan informasi, dan sudah perintahkan Dinas Sosial untuk melakukan pendataan serta menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir itu,” ungkap Bupati Mathius Awoitauw.
Bupati menyebutkan, selain Distrik Airu yang dilanda banjir, bencana yang sama juga terjadi di Kemtuk. Pemerintah juga sudah menyiapkan bantuan agar diserahkan kepada warga yang terkena dampak dari bencana tersebut.
“Kalau sudah didata akan serahkan bantuan ke sana,” ujarnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *