Penyaluran Bansos Lebih Efektif

Muhammad Musa’ad (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Penyaluran bantuan tunai melalui perbankan dan PT Pos Indonesia menjadi satu langkah baik dan efektif yang dilakukan pemerintah, sebagai evaluasi terhadap penyaluran bantuan sosial yang sebelumnya dilakukan.

Selain mencegah adanya potongan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab, penyaluran melalui perbankan dan PT Pos Indonesia juga mengurangi kerumunan masyarakat penerima manfaat.

“Kita bersyukur bahwa sistem ini melalui bank, sehingga sudah sangat bagus, karena dengan model sebelumnya banyak terjadi kerumunan. Di Jayapura saja, kita temukan banyak kasus kerumunan di mana-mana yang terjadi di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Muhammad Musa’ad, Rabu (7/1) kemarin.

Dengan demikian, penyaluran bantuan tunai yang langsung diterima di rekening masing-masing penerima manfaat, membantu tidak adanya kerumunan, di mana penerima manfaat bisa langsung melakukan penarikan di bank maupun melalui ATM.

“Anggaran yang telah ditetapkan, sampai di penerima juga seperti itu. Dari kasus yang sudah-sudah, menjadi pembelajaran bagi kita, di mana masih ada potongan-potongan yang ditemukan dan sebagainya. Melalui sistem penyaluran bank dan Kantor Pos ini sudah sangat bagus,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden RI, Ir. Joko Widodo, meminta menteri dan gubernur di 34 provinsi untuk dapat mengawal penyaluran bantuan tunai tersebut. Dengan demikian, penyaluran dilakukan secara cepat, tepat sasaran dan jangan ada potongan yang dilakukan oknum tertentu. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *