Pemkab Lanny Jaya Bantu Rp 1 M untuk Pengungsi Nduga di Wamena

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE. M.Si (Humas for cepos)

JAYAPURA-Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya di bawah kepemimpinan Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom, SE, M.Si tergerak melihat keberadaan pengungsi asal kabupaten Nduga di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Befa Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya merasa peduli terhadap sesama saudara, sehingga pihaknya menggelontorkan bantuan dana sebesar Rp 1 Miliar untuk digunakan keperluan pengobatan dan hal lain yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Nduga di tempat pengungsian.
“Tahun ini, kami pemerintah daerah bekerja sama dengan alumni Uncen, Pemerintah Daerah Kebupaten Lanny Jaya tertarik dan kami mengalokasikan dana Rp 1 Miliar untuk pengungsi Nduga yang berada di Kabupaten Jayawijaya,” ungkap Befa melalui rilis yang dikirimkan oleh Humas Kabupaten Lanny Jaya, Rabu (30/12).
Menurut Befa hal ini telah diketahui langsung oleh Anggota DPRP asal Nduga yang juga sekaligus sebagai alumni Uncen yakni Emus Gwijangge. Menurutnya dana tersebut akan difokuskan untuk pengobatan masyarakat yang membutuhkan. “Jadi prioritas pertama dari penanganan ini adalah pengobatan dan seluruh dokter-dokter alumni Uncen akan turun tangan untuk membuat beberapa titik pos pelayanan selama dari Januari sampai Desember,”bebernya.
Ia berharap kedepan ada dukungan dari Pemprov Papua dalah hal ini Gubernur Papua untuk membangun rumah-rumah warga Kabupaten Nduga yang mengungsi ke Kabupaten Jayawijaya.
“Pada kesempatan ini Pemerintah Lanny Jaya hanya bisa bantu di akhir tahun ini Rp 1 miliar. Dana itu akan langsung ditangani oleh alumni Uncen untuk fokus pada pengobatan dan pembukaan posko pengobatan,”bebernya.
Sebagai ketua Asosiasi Bupati se Pegunungan Tengah Papua, Befa juga meminta bantuan dari Pemda yang ada di Lapago terutama Bupati Jayawijaya untuk memberikan logistik mulai dari Januari sampai mempersiapkan pembangunan rumah-rumah yang sederhana dan layak.
“Kita bicara soal kemanusiaan maka kita sudah harus turun tangan bersama, jadi selama ini karna kami tidak mempunyai data tapi saat ini alumni Uncen punya data yang lengkap tentang penyakit dan obat-obatan yang dibutuhkan sehingga kami akan bantu,”tambahnya.
Di tahun 2021 pihaknya juga teap berkomitmen membantu masyarakat Nduga yang ada di Kabupaten Jayawijaya terutama dalam pembangunan rumah sederhana yang layak bagi para pengungsi tersebut.
Sementara itu tokoh muda asal Kabupaten Nduga, Emus Gwijangge yang juga anggota DPRP Papua menyampaikan terima kasih Kepada Bupati Lanny Jaya dan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya atas perhatian dan bantuan dana Rp 1 Milyar sebagai bantuan untuk pengungsi Nduga yang berada Wamena.
“Bantuan yang akan disalurkan melalui Alumni Uncen karena kebetulan Pak Befa Yigibalom sebagai ketua Alumni Uncen Papua sehingga Alumni Uncen akan kawal dana tersebut terutama untuk pengobatan sehingga masyarakat yang selama ini mengalami sakit akan dirawat secara intensif dengan pengawasan langsung oleh dokter dokter Alumni Uncen,”katanya.
Emus berharap para Bupati di Lapago lainnya juga dapat bergerak guna membantu masyarakat Nduga yang mengungsi di Kabupaten Jayawijaya yang saat ini membutuhkan bantuan.(Simon/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *