Curah Hujan Tinggi, Potensi Longsor dan Banjir Sangat Terbuka

Ezri Ronsumbre  menunjukkan perkiraan cuaca di layar monitor di Kantor Balai BMKG Wilayah v Jayapura. ( FOTO: Ezri For Cepos)

JAYAPURA – Kondisi cuaca diakhir tahun ini diprediksi memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi. Sejumlah titik di Kota Jayapura dikatakan memiliki potensi untuk terjadi bencana khususnya longsor maupun banjir. Pemerintah Kota Jayapura sendiri telah melakukan apel siaga untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrim seperti yang dilaporkan BMKG.
Rustan menyebut sesuai dengan data BMKG disebutkan bahwa akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ada yang namanya La Nina dan ini menjadi patokan pemerintah untuk lebih waspada. Tak menutup kemungkinan akan muncul satu gelombang besar dan air laut akan naik termasuk curah hujan yang tinggi di Jayapura.
“Kami sudah lakukan apel siaga bencana untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Kami sampaikan kepada pihak distrik kelurahan hingga RT/RW untuk melakukan pemetaan dan mewaspadai titik – titik rawan bencana yang berpeluang longsor baik di APO, Klofkam, Hamadi dan Polimak termasuk yang langganan banjir di Youtefa dan Organda untuk antisipasi banjir,” kata Rustan di Holtekam pekan lalu.
Pemkot juga telah mendirikan posko di Tanah Hitam untuk mengupdate data terkait kondisi cuaca dan potensi yang mungkin terjadi. “Kami minta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk mawas diri, jangan terlena dan ingat bahwa pada Maret 2019 lalu kita sempat diterjang bencana banjir bandang dan jangan sampai ada korban jiwa seperti kejadian itu,” kata Rustan.
Ia kembali mengingatkan warga yang tinggal di kawasan seperti APO, Polimak, Bhayangkara untuk tidak lengah mengingat lokasi ini sangat mungkin terjadi longsor. “Upaya untuk mengantisipasi terus kami lakukan tapi kami kembali mengingatkan untuk mawas diri. Curah hujan tinggi maka peluang longsor sangat terbuka dan kita sudah pernah mengalami situasi sulit akibat cuaca,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *