Waspada Cluster Akhir Tahun

Wakil Wali Kota, Ir H Rustan Saru MM (depan) memberikan keterangan dalam kegiatan Beach Clean Up di Pantai Holtekam Hamadi, Jayapura, Jumat (4/12) kemarin. (FOTO:Gamel Cepos)

JAYAPURA – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Saru MM mengingatkan warga Kota Jayapura untuk tidak lengah dengan covid 19. Meski ada trend penurunan penularan namun covid tetap masih ada. Ia mengingatkan untuk menjalankan 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker) saat melakukan aktifitas. Pasalnya ia menduga dimasa akhir tahun ini peluang untuk terjadi penularan sangat memunginkan. Rustan bahkan mewanti agar jangan sampai terjadi klaster baru di Jayapura.
“Untuk tngkat penyebaran memang mulai menurun dimana RO kita saat ini 0,57 dan ini tanda – tanda kebaikan namun kita tetap perlu berhati – hati di bulan Desember ini mengingat ada banyak libur dan banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat. Banyak titik – titik kumpul nantinya,” jelas Rustan kepada Cenderawasih Pos disela – sela kegiatan Beach Clean Up di Pantai Holtekam, Jumat (4/12). Apalagi menurutnya saat ini ada sekitar 300 orang yang melakukan isolasi mandiri atau tidak dilakukan perawatan di rumah sakit.
Nah bisa saja pasien ini memilih mengikuti acara pernikahan, acara natal atau salat di masjid dan besentuhan tanpa sadar dan akhirnya muncul penularan bahkan klaster baru. “Jadi kami kembali mengingatkan untuk jangan lengah dan ingat setiap hari masih ada orang yang terjangkit, terpapar covid. Jadi setiap hari masih ada orang yang terpapar,” ucapnya mengulang statemen awal. Ia mewajibkan warga menggunakan masker dan mencuci tangan serta jaga jarak sebab ini satu cara yang ampuh. “Walaupun bertemu dengan orang terpapar namun mengedepankan 3M saya pikir ini bisa menjadi upaya memutus mata rantai. Jika mengabaikan maka saya khawatir bisa menimbulkan satu klaster baru. Jika masyarakat gagal maka bisa terjadi penambahan kasus,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *