Logistik Pilkada 90 %, Kecuali Boven Digoel

Suasana pelipatan kertas suara Pilkada Yalimo yang dilakukan di Wamena.(Foto: Denny/ Cepos )

JAYAPURA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 11 kabupaten di Provinsi Papua yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020, 9 Desember nanti masih terus melakukan persiapan.
Komisioner KPU Provinsi Papua, Zufri Abubakar mengatakan hingga saat ini proses pendistribusian logistik pemilihan bupati dan wakil bupati di 11 kabupaten mencapai 90% terkecuali Kabupaten Boven Digoel yang sempat terjadi masalah.
“Terdapat 2 Kabupaten yakni Yahukimo dan Yalimo yang bilik suara dengan kotak suara belum tiba di tempat. Untuk Mamberamo Raya dan Supiori terdapat 1 logistik yang saat ini masih berada Jayapura,” terangnya.
Pihaknya mengupayakan paling lambat Minggu (6/12) sudah final. Sesuai aturan H-3 itu sudah bergeser, tetapi untuk Papua sendiri dapat dimaklumi dengan mempertimbangkan letak geografisnya yang sulit dan rumit.
Sementara itu, KPU Kabupaten Yalimo, berencana mulai mendistribusikan logistik pemilihan bupati dan wakil bupati setempat pada 5 Desember mendatang yang dilakukukan dari Wamena ke 5 distrik yang akan ikut dalam melakukan pesta demokrasi di daerah untuk memilih pimpinan daerah 5 tahun ke depan.
Komisioner KPU Yalimo Divisi Data dan Produk, Elius Wandik, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, mengatakan pendistribusian akan dilakukan dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Dimana sesuai dengan tahapan pendistribusian akan dimulai pada 5 Desember mendatang.
“Pendistribusian logistik belum dilakukan. Saya rencana turun ke Wamena mau distribusi logistik. Antara tanggal 5 atau 6 Desember sudah mulai dilakukan dari Wamena ke 5 distrik di Kabupaten Yalimo,”ungkap Elius Wandik, Jumat (4/12) kemarin.
Pendistribusian logistik Pemilu untuk tiga dari lima distrik yaitu Distrik Welarek, Benawa dan Distrik Apalapsili harus menggunakan pesawat kecil, sehingga hanya dari wamena KPU bisa mendapatkan transportasi itu. Sedangkan untuk dua distrik lainnya seperti Elelim dan Abenaho bisa dilakukan dengan jalan darat.
“Distrik Apalapsili itu satu titik pendistribusian, Distrik Benawa dua titik dan kalau Distrik Welarek salah satu kendala kami adalah lapangan terbang jelek jadi tidak bisa didarati pesawat,” kata Elius Wandik
Dikatakan, opsi lain yang hendak dilakukan agar distrik yang tidak bisa dijangkau melalui jalan darat maupun pesawat adalah dengan menggunakan helikopter kecil. Sebab Elius Wandik hanya transportasi ini yang bisa digunakan sehingga membuat KPU Yalimo harus mendistribusikan logistik dari Wamena.
“Kalau helikopter belum ada kesepakatan dengan manajemen helicopter. Jadi sementara kami tunggu kepastian dahulu untuk menggunakan transportasi tersebut guna melakaukan pendistribusian,” kata Elius
Elius juga memastikan memastikan sudah dilakukan pelipatan terhadap surat suara dan telah dilengkapi semua kekurangan-kekurangan logistik, hingga kini semua logistik pilkada Kabupaten Yalimo sudah siapuntuk didistribusikan.
“Kemarin itu, bilik suara agak lambat karena diangkut melalui jalur trans Papua, tetapi sudah tiba di Wamena (Jayawijaya) tadi. Jadi tinggal kami lengkapi bilik yang kurang lalu didistribusikan,” bebernya.
Adapun KPU Kabupaten Merauke melalui perangkat bawah KPPS mulai membagikan C pemberitahuan kepada pemilih mulai hari ini, Sabtu (5/12).
“Untuk C pemberitahuan, itu dibagikan mulai besok terutama untuk wilayah Kota,” kata Komisioner KPU Kabupaten Merauke, Frans Papilaya, ketika ditemui di kantor KPU Kabupaten Merauke, Jumat (4/12).
Frans Papilaya mengungkapkan bahwa pembagian C pemberitahuan khusus untuk pemilih yang ada di wilayah kota, karena jumlah pemilihnya yang cukup banyak dan tidak semua pemilih dikenal oleh petugas.
Berbeda dengan yang ada di kampung yang hampir seluruh pemilih saling kenal. “Makanya dibagi lebih cepat, sehingga ada waktu bagi petugas untuk mencari untuk orang yang tidak dikenalnya. Karena C pemberitahuan itu harus sampai kepada pemilih yang bersangkutan. Kalau tidak kenal orangnya, maka C pemberitahuan harus di bawa pulang,” ujarnya.
Dalam hal pembagian C pemberitahuan ini, menurut Frans Papilaya, petugas KPPS didampingi oleh pengawas dari Bawaslu maupun tim dari masing-masing Paslon. “Sehingga mungkin petugas kami tidak mengenal tapi diantara tim dari Paslon ada yang kenal maka sama-sama antarkan ke sana,” terangnya.
Frans Papilaya berharap, pembagian C pemberitahuan ini tuntas pada H-1 pencoplosan. “Diharapkan dan memang itu harus selesai diantar ke pemilih pada H-1,’’ pungkasnya.
Sementara itu, untuk Pilkada di Kabupaten Supiori, KPU Supiori memberikan perhatian terhadap pendistribusian logistik ke Kepulauan Mapia.
Meskipun jumlah pemilih di kepulauan terluar Pulau Mapia sebenarnya tidak terlalu banyak yaitu 162 orang, namun pemilih di wilayah ini tetap menjadi rebutan dari para kandidat. Karena sangat menentukan dalam meraih kemenangan di Pilkada Kabupaten Supiori yang jumlah penduduknya yang tergolong sangat sedikit.
Terkait pendistribusian logistik ke Pulau Mapia, KPU Supiori yang akan berkoordinasi dengan Pemkab Supiori untuk menyewa kapal khusus membawa logistik yang dijaga khusus oleh Satgas gabungan TNI.
“Sudah seperti dengan agenda pemilihan kepala daerah, presiden dan legislatif, Pulau Mapia tetap kita berikan perhatian serius sehingga untuk membawa logistik ke sana selalu menggunakan kapal carteran. Ya, kapal dicarter karena tidak bisa menggunakan speed boat atau perahu ke wilayah itu. Cukup rawan karena berada di lautan lepas,” kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Supiori Marhaen Matoneng kepada Cenderawasih Pos, kemarin.
Menurutnya, khusus untuk logistik ke wilayah Kepulauan Mapia akan didroping pada tanggal 7 Desember mendatang dan akan mendapat pengawalan khusus dari aparat keamanan dan anggota KPU Supiori, termasuk dari Pemkab Supiori.
“Kami akan memberikan pengawalan khusus ke sana. Anggota yang ditugaskan melakukan pengawalan serta pengamanan pemungutan suara akan berangkat tanggal 7 mengawal logistik,” ungkap Kapolres Supiori, AKBP I Made Budi Darma kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *