Pemerintah Dianggap Tak Serius dengan Noken

John Gobay

Pemerintah Dianggap Tak Serius dengan Noken
JAYAPURA – Pasca dihibahkannya Museum Noken dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Pemerintah Provinsi Papua hingga kini museum yang berada di belakang Museum Loka Budaya Papua ini hanya terbiar kosong dan tak digunakan. Mirisnya kondisi ini bukan setahun dua tahun melainkan sejak 2013 lalu dan hingga kini meski telah memiliki kepala UPT nya ternyata tetap saja tak difungsikan.
“Beberapa waktu lalu saya baca di media jika museum noken ini telah dihibahkan kementerian terkait kepada Pemprov Papua. Seharusnya setelah dilimpahkan ke pemerintah daerah ini langsung diambil langkah agar museum difungsikan. Tentunya ada banyak manfaat yang bisa diambil,” beber Sekretaris II Dewan Adat Papua, John N.R Gobay, Jumat (3/12). Ia melihat meski telah representatif ternyata tetap tak digunakan sehingga terkesan pemerintah tidak serius dengan pengembangan noken ini. “Padahal museum noken ini bisa digunakan sebagai lokasi pameran, tempat menjual noken oleh mama-mama, juga tempat orang latihan membuat noken,” jelas Gobay.
Ia berharap sebelum PON 2021 ini museum noken menjadi sebuah ikon wisata di Kota Jayapura bersama Taman Budaya eks Expo Waena sebagai taman budaya Papua yang nantinya bisa dipakai sebagai satu lokasi kunjungan. “pada tahun 2018 lalu, saya sempat mengunjungi dan mempublikasikan museum noken ini ke media. Hal ini agar pihak eksekutif baik di Papua hingga tingkat kementerian bisa memfungsikan museum tersebut sebagai ikon daerah yang bernilai budaya tinggi. Museum noken ini salah satu aset penting di daerah yang mesti dijaga dan difungsikan. Untuk itu saya berharap Pemerintah Provinsi Papua segera memfungsikan museum ini,” pungkasnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *