Pembagian Otsus Masih 80:20

Klemen Tinal, SE., MM., ( FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., menyebutkan, kala belum adanya pembahasan perihal dana Otonomi Khusus (Otsus) di 2021, maka pengaturan atau pembagiannya masih seperti sebelumnya, yakni 80:20 persen.

“Tapi perlu diingat, sekaligus menjadi edukasi bagi masyarakat, pembagian Otsus itu tidak serta merta dibicarakan dan bagi. Melainkan ada sistem yang sudah diatur dengan melibatkan semua pihak, termasuk dari perguruan tinggi,” ungkap Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., Jumat (30/11) kemarin.

Kata Wagub Tinal, yang menjadi tujuan utama dari Otsus bukan perihal besar-kecilnya. Hal inilah yang Wagub Tinal ingin agar semuanya dapat memahami dengan baik, di mana pembagian Otsus dilakukan dengan pertimbangan luas wilayah dan jumlah masyarakat di wilayah tersebut.

“Yang menjadi tujuan utama dari Otsus bukan perihal besar-kecilnya. Ini juga saya mau kita mengerti dengan baik. Tapi kita melihat di mana wilayahnya, masyarakatnya lebih banyak. Otsus ini buat masyarakat asli Papua (OAP), sehingga di situ ada kriteria nilainya lebih tinggi. Kalau nilai itu masuk, pembagiannya terjadi secara otomatis,” pungkasnya. (gr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *