1 Desember, Tak Ada yang Menonjol

AKBP. Dominggus Rumaropen S.Sos, M.M ( FOTO: Denny/ Cepos)

Masuk Bulan Kasih di Jayawijaya Ditandai Ibadah Syukuran

WAMENA – Polres Jayawijaya memastikan memasuki awal bulan kasih ada beberapa distrik yang melakukan ibadah syukuran di Jayawijaya seperti Distrik Asologaima dan Distrik Bolakmer, ibadah syukuran ini juga dilakukan di kantor Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah Lapago, namun secara keseluruhan keamanan wilayah Jayawijaya pada Selasa , 1 Desember kemarin berjalan dengan aman.
Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen terkait dengan berbagai perkembangan isu di awal bulan Desember yang diyakini sebagai bulan kasih, perkembangan situasi tak ada yang menonjol. Oleh karena itu jajaran kepolisian berterimakasih seluruh warga Jayawiajaya, pihak DAP, yang hanya melakukan ibadah syukuran.
“Dari pantauan kita awal bulan kasih ini sebagian masyarakat hanya menandai dengan ibadah syukuran, khususnya di kantor DAP dan beberapa honay adat di wilayah Distrik Asologaima dan Distrik Bolakme dan beberapa honay yang lain sehingga tak ada hal -hal yang menonjol,” ungkapnya Selasa (1/12) kemarin.
Patroli kepolisian yang dibantu TNI khususnya dari Kodim 1702/ Jayawijaya, kata Rumaropen, itu berjalan seperti biasa. Sebelum memasuki bulan kasih ini, pihaknya telah melaksanakan apel gabungan ASN, TNI/ Polri, salah satu tujuanya untuk memberikan pelayanan kenyamanan bagi aktifitas dan mobilitas warga Jayawijaya.
“Meskipun ada berbagai isu yang meresahkan masyarakat, namun saat ini situasi masih tetap dalam keadaan kondusif,”ujarnya.
Kapolres mengaku keadaan yang kondusif ini bukan karena kerjanya Polisi atau TNI semata, tetapi karena dukungan seluruh masyarakat. Dimana sejak Senin (30/11) malam, patroli jalan seperti biasa meskipun diguyur hujan deras dari sore hari hingga subuh dan biasanya itu ada kasus pencurian dimalam hari memanfaatkan situasi hujan. Tetapi kali ini tak ada laporan yang masuk ke penjagaan Polres Jayawijaya.
“Ini artinya situasi benar-benar aman dan kondusif, oleh karena itu saya berikan apresiasi kepada masyarakat atas kebersamaan kita, semoga dalam minggu advent yang pertama hingga ke empat situasi kondusif ini bisa dipertahankan,” bebernya.

Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto, SH (Foto: Denny/ Cepos)

Secara terpisah Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto menyatakan sampai dengan saat ini situasi keamanan di Wilayah Lapago yang masuk dalam wilayahnya berada dalam keadaan kondusif, khususnya di wilayah Jayawijaya, karena telah dilakukan gelar pasukan atau apel gabungan ASN, TNI/ Polri untuk menyambut bulan kasih.
“Di awal bulan kasih kita juga melakukan syukuran bersama warga dengan melakukan bakar batu bersama, sehingga diharapkan dalam bulan Desember ini sesama umat manusia harus saling mengasihi saling menyayangi, saya berharap tak ada aksi kesehatan atau yang dapat melukai sesama umat manusia,” bebernya.
Untuk situasi keamanan, kata Candra Dianto, masih aman dan kondusif, harapannya selama bulan Desember akan selalu aman hingga menyambut tahun baru, menyikapi isu yang sedikit meresahkan masyarakat itu setiap tahun menjelang bulan Desember itu pasti ada isu yang membuat masyarakat takut.
“Khusus untuk masyarakat Jayawijaya ada rasa trauma karena pernah ada histori kerusuhan 23 September tahun lalu, sehingga kalau ada isu saat ini itu wajar, kami dari TNI/Polri siap memberikan keamanan bagi masyarakat dan juga ketenangan bagi Kabupaten Jayawijaya khususnya dan umumnya di Wilayah Lapago,”tutupnya. (jo/tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *