Doren Wakerkwa Cucu Pejuang Pepera Layak Jadi Sekda 

Yanto Eluay. foto: Noel/Cepos

JAYAPURA-Ketua Umum Presedium Putra-Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, Yanto Eluay mengatakan Penjabat Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa yang merupakan salah satu calon Sekda definitif, layak untuk menjadi Sekda Papua.

Selain memiliki nilai tertinggi dalam proses seleksi, Doren Wakerkwa menurut Yantop Eluay juga merupakan salah seorang cucu pejuang Pepera. Untuk itu, sebagai anak Tabi yang juga Ondoafi,  Yanto memberikan dukungan kepada Doren Wakerkwa untuk menduduki jabatan sebagai Sekda Provinsi Papua.

“Apa yang saya sampaikan ini sangat berdasar,  karena Doren tahu betul situasi di Papua. Doren Wakerkwa juga memiliki pengalaman dalam menjalankan tugas sehingga mampu mendukung dan menopang Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dalam menjalankan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” ungkap Yanto Eluay kepada Cenderawasih Pos, Senin (30/11).

“Doren Wakerkwa juga merupakan putra terbaik Papua di pemerintahan dan merupakan cucu dari pejuang Pepera. Karena orang tua dia, Wiringa Wakerkwa yang mewakili Jayawijaya dari tokoh-tokoh dari wilayah pegunungan pada tahun 1969 untuk ikut memutuskan Papua menjadi bagian NKRI,” sambungnya.

Yanto berharap pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi bisa kembali mempertimbangkan keputusan terkait siapa yang layak diangkat sebagai Sekda Provinsi Papua. Dengan mendengarkan saran dan masukan dari para tokoh di Papua, khususnya soal nasionalisme dari Doren Wakerkwa.

“Tidak ada nasionalisme lain. Dia sudah punya nasionalisme yang kuat  sebagai cucu dari pejuang Pepera 1969. Dimana kakeknya terlibat dalam perjuangan Pepera, maka negara harus memberikan penghargaan dan ruang bagi anak dan cucu pejuang Pepera yang sudah memutuskan Papua bagian dari NKRI yang tidak bisa dipisahkan,” tegasnya.

Yanto berharap tidak ada pihak-pihak yang menggiring isu Sekda Provinsi Papua ini dengan politik identitas. Dirinya mengajak semua pihak untuk melihat secara profesional dan kualitas yang sudah terbukti.

“Kami berharap agar persolan di Papua khususnya polemik Sekda Papua ini juga dipercepat dan biar Kepres bisa selesai agar bisa menjadi kado Natal bagi orang Papua, sehingga pemerintah Papua bisda berjalan lebih efisien lagi di tahun mendatang,” tambahnya.

Memasuki bulan Desember ini, Yanto Eluay berharap polemik Sekda Provinsi Papua ini bisa diselesaikan dan tidak terakumulasi dengan masalah politik lainnya. “Kalau memang ada isu-isu tentang mereka masih lemah nasionalismenya, kami yang menjamin bahwa Doren Wakerkwa sebagai putra Papua yang merupakan anak atau cucu dari pada tokoh Pepera. Beliau akan komit untuk tetap menjaga Papua dalam bingkai NKRI. Kami harap memasuki bulan Desember yang penuh damai ini, permasalahan siapa Sekda Papua definitif sudah bisa terjawab agar situasi Papua bisa tetap aman dan damai memasuki hari Natal dan Tahun baru,” tutupnya. (oel/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *