Tak Lagi Bangun Puskesmas Rawat Jalan

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi (Denny/ Cepos)

WAMENA – Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menyatakan saat ini Kementrian Kesehatan tak ingin pemerintah daerah sekedar membangun puskesmas tipe kecil lagi, yang hanya menangani pasien rawat Jalan. Yang diinginkan sekarang ini pembangunan puskesmas harus yang berkapasitas besar dan bisa digunakan untuk rawat inap bukan lagi rawat jalan.
“Kita sudah tidak bisa lagi membangun puskesmas yang hanya digunakan untuk rawat jalan, kita sekarang diminta untuk membangun puskesmas itu yang bisa digunakan untuk rawat inap untuk memberikan pelayanan masyarakat,” ungkapnya, Jumat (27/11) kemarin.
Karena itu, pihaknya akan melihat kembali permintaan masyarakat untuk membangun Puskesmas. Seperti halnya di Distrik Walaik, disana baru ada pustu dan beberapa petugas kesehatan yang ada disana, oleh karena itu pihaknya akan melihat perkembangannya kedepan seperti apa.
“Kemungkinan kalau kita tak bisa mendirikan puskesmas disana, pustu yang ada disana kita akan tingkatkan dengan menambah jumlah petugas kesehatan disana, agar semua masyarakat bisa terlayani dengan baik,”jelas Bupati.
Ia juga mamastikan akses jalan di Distrik Walaik mungkin sebentar lagi akan tembus , diperkirakan tahun 2021 itu jalan sudah bisa diakses kesana melalui Distrik Welesi, karena kalau dilihat warga dari Walaik memiliki hubungan kekeluargaan dengan masyarakat didistrik welesi sehingga kalau sudah akses jalan maka mungkin fasilitas puskesmas bisa didapatkan di Distrik Welesi karena lebih dekat. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *