Persiapkan SDM Nakes Vaksinator

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM

JAYAPURA- Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., menyebutkan bahwa selain menaruh perhatian terhadap vaksin, sumber daya manusia (SDM) petugas kesehatan yang bertindak sebagai vaksinator juga perlu dipersiapkan dengan baik di Papua.
“Secara otomatis harus dipersiapkan. Itu kita akan tunggu instruksi selanjutnya. Tapi kita siap, entah itu relawan, anggota Satgas Covid 19, mitra kerja, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), siapa saja, namun kita persiapkan,” terang Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., Jumat (27/11) kemarin.
Dengan demikian, sambung Wagub Tinal, ketika pemerintah memberikan lampu hijau perihal vaksinasi di Papua, maka Papua sudah siap menjalankannya.
“Artinya, kalau nanti ada petunjuk pelaksana teknis dalam vaksinasi ini, maka kita sudah bisa siap dengan cepat,” tambahnya.
Hal inilah yang sebagaimana disampaikan pula oleh Humas PB Ikatan Dokter Indonesia, dr. Halik Malik, yang menjelaskan bahwa bukan hanya melakukan kampanye 3M (mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) maupun optimalisasi 3T (tracing, test, treat), namun mempersiapkan SDM petugas kesehatan untuk melakukan vaksinasi Covid 19 juga harus dilakukan.
“Dalam persiapan vaksinasi Covid 19, di mana para dokter dan tenaga kesehatan lainnya menjadi ujung tombak sebagai vaksinator atau yang memberikan imunisasi, termasuk komunikator tentang pencegahan dan upaya vaksinasi sebagai bagian dari penanganan Covid 19. Dengan demikian, ke depan vaksinasi itu berhasil untuk membentuk kekebalan secara keseluruhan dari pandemi Covid 19,” jelas dr. Halik Malik. (gr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *