Bukti Kepercayaan Pemerintah Pusat

Penjabat Sekda Papua, Doren Wakerkwa dan Sekjen NPC Pusat, Rima Ferdianto saat menekan serine secara bersamaan sebagai simbol resminya peluncuran logo, maskot, jingle, tagline dan tema Peparnas XVI Papua 2021 di halaman kantor Gubernur Papua, Jumat (27/11) malam. (FOTO :Erik / Cepos)

Sah! Logo, Maskot, Jingle, Tema dan Tagline Peparnas Diluncurkan

JAYAPURA-Akhirnya, Pemprov Papua secara resmi meluncurkan logo, maskot, jingle, tema dan tagline Peparnas XVI Papua. Rangkain ceremony launching tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Papua, Jumat (27/11) malam.
Launching ditandai dengan penekanan serine oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe yang diwakili Penjabat Sekda Papua, Doren Wakerkwa.
Logo Peparnas XVI merupakan kolaborasi honai dan tifa. Sementara untuk maskot, menggunakan bentuk sepasang burung Kasuari, untuk tagline ‘Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi’, sementara tema ‘Bangkit Satukan Tekad Raih Kemenangan di Tanah Papua’.
Penjabat Sekda Papua Doren Wakerkwa mengatakan, rangkain launching tersebut sebagai salah satu rangkain persiapan penyelenggaraan Pekan Parilimpik Nasional (Peparnas) XVI dengan baik. Tentunya launching ini juga menjadi dasar untuk mendesain dan melaksanakan seluruh kegiatan Peparnas XVI, mulai dari perencanaan persiapan sampai pada penyelengaraan.
“Penentuan logo, maskot, tema, tagline dan jingle Peparnas XVI sangat mempunyai keterkaitan dengan adat dan budaya orang Papua. Sehingga memotivasi kita agar dapat meraih prestasi sebagai penyelenggara dan sebagai peserta event ini (Peparnas). Dan sejalan dengan visi Papua bangkit, mandiri dan sejahterah dan berkeadilan,” ujarnya.
Doren juga menegaskan, bila penyelenggaraan Peparnas XVI yang akan dilaksanakan setelah PON XX tahun 2021 sebagai bukti keyakinan pemerintah pusat dengan kemampuan Papua atas pelaksanaan kedua event tersebut.
“Oleh sebab itu seluruh pengurus panitia besar (PB) Peparnas yang sudah dilantik agar selalu berkoordinasi dan bekerja sama yang baik dan memeprsiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan penyelanggaran Peparnas. Hasil dari kegiatan ini memiliki dampak positif untuk kemajuan olahraga Papua, khususnya olahraga disabilatas,” ucap Doren.
Doren juga melayangkan apresiasi yang tinggi bagi kontingen Papua yang setiap mengikuti ajang nasional kerap memberikan prestasi terbaik bagi kontingen Papua. Doren berharap, agar prestasi tersebut terus ditingkatkan demi kemajuan olahraga di bumi Cenderawasih.
“Perlu kita ketahui bahwa kontingen Papua setiap mengikuti ajang Peparnas mampu berprestasi dengan mengumpulkan banyak medali. Bahkan berada pada urutan 5 besar Indonesia. Harusnya keberhasilan ini dapat memotivasi kita semua agar persiapan kontingen Peparnas Papua mampu berada pada peringkat yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan berada pada peringkat satu atau juara umum,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua Panitia, Rivo Manangsang juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya rangkain ceremony launcing sebagai dasar untuk melakukan seluruh pelaksanaan Peparnas XVI 202. “Untuk menggambarkan nilai dan tujuan dari penyelenggaraan Peparnas, sebagai bentuk informasi tentang penyelenggaraan Peparnas,” kata Rivo.
Pria yang juga menjabat sebagai Sekum PB Peparnas Papua itu menceritakan soal Logo yang diambil dari bangunan honai yang menggambarkan tempat berlindung keluarga dan masyarakat. “Maskot dari burung kasuari sebagai maskot Peparnas menggambarkan keunikan, dan kasuari dipilih berdasarkan kepada kepedulian terhadap satwa langka tersebut dan terancam punah,” ujar Rivo.
“Temanya sendiri ‘Bangkit Satukan Tekad Raih Kemenangan di Tanah Papua’, menggambarkan semangat juang pantang menyerah dan tetap kokoh berdiri. Tagline ‘Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi’, merupakan filosofi honai adat Papua menjaga kesatuan dan persatuan,” tandasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *