Kibarkan Bintang Kejora Akan Ditindak Tegas

Kombes Pol AM Kamal (Elfira/Cepos)

Jelang Desember, Patroli Kepolisian Ditingkatkan

JAYAPURA-Jelang 1 Desember yang menjadi kalender Kamtibmas Polda Papua, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyebut situsi wilayah papua di 28 kabupaten dan 1 kota kondusif. Namun, ada  beberapa kegiatan kemasyarakatan yang perlu diatensi termasuk kegiatan Pemilu, Natal dan tahun baru.

“Eskalasi kegiatan masyarakat tinggi sehingga kegiatan patroli dan kegiatan kepolisian lainnya ditingkatkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas baik itu kriminalitas ataupun lakalantas,” ucap Kamal kepada Cenderawasih Pos, Kamis (26/11).

Dikatakan, aktivitas di bulan Desember banyak. Mulai dari Pemilu, Natal dan tahun baru. Untuk itu, pihaknya harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat  agar situasi tetap terjaga.

“Kami juga meminta komponen masyarakat untuk sama-sama menjaga Kamtibmas di tanah Papua. Jangan sampai adanya konflik sosial atau konflik yang disebabkan  permasalahan sepeleh antar suku,” ungkap Kamal.

 Terkait adanya seruan pengibaran  bendera bintang kejora dari ULMWP, Kamal menegaskan potensi gangguan keamanan harus ditekan dengan melaksanakan patroli dan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas. Termasuk mengoptimalkan peran mitra Kamtibmas seperti Bhabinsa dan para tokoh.

“Kalau dia kibarkan bendera bintang kejora dalam kamar mandi tidak ada masalah, kan dia sendiri  yang tahu. Yang jelas, jangan tanamkan kebencian dan konflik. Kalau kita baik sesama manusia maka tanah papua akan terjali situasi kondisi yang terjaga dengan baik,” kata Kamal.

Kamal menegaskan akan dilakukan penindakan tegas jika kedapatan melakukan pengibaran bendera. Namun sebelumnya pihak Kepolisian mengimbau secara preentif. “Jangan sampai terprovokasi dengan  ajakan yang memunculkan  ketidaknyamanan seluruh warga masyarakat Papua,” tegas Kamal.

 Sementara itu, Kapolres Merauke AKBP Untung Sangadji mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi terkait dengam 1 Desember yang  menjadi Kalender Kamtibmas setiap tahunnya di Papua.

 “Kita sudah persiapkan personel tentang bagaimana pengamanan sistematika yang  harus kita buat, sehingga itu tidak terjadi,” ucap Kapolres melalui telfon selulernya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos.

 Pihaknya juga telah menggalang pertemuan dengan para tokoh yang ada di Kabupaten Merauke serta meningkatkan patroli.

 “Jika kedapatan ada pengibaran bendera Bintang Kejora maka kita tindak secara hukum, itu makar dan tidak boleh. Yang jelas itu tidak diperkenankan,” tegasnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *