Tahun Depan Presiden Masih Berikan Bantuan

Menteri PMK RI. Prof. Dr.Muhadjir Efendi, MAP., melakukan kunjungan kerja di Papua  dalam rangka "Jaringan Pengaman Sosial Untuk Penduduk Tanah Papua , sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis di lokasi PLBN Skouw RI-PNG Distrik Muara Tami,  Rabu (25/11) kemarin. ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI. Prof. Dr.Muhadjir Efendi, MAP., melakukan kunjungan kerja di Papua  khususnya Kota Jayapura untuk memastikan penyaluran Bantuan sosial di masa Pandemi Covid-19.

  Dijelaskan, dalam kunjungan ini untuk melakukan koordinasi sinkronisasi pengendalian program-program kementerian dan lembaga dalam di bawah koordinasi menteri PMK termasuk mengkoneksikan terhadap Kementerian lain yang dipandang perlu.  contohnya dalam penanganan stunting tentunya harus didukung oleh Kementerian PUPR karena harus didukung oleh sanitasi.

Diakui, penyaluran bantuan di Papua  selain di kota Jayapura untuk di daerah pedalaman memang sangat unik karena bantuan biasanya dengan mudah disalurkan ke warga dengan efektif efisien dan cepat melalui rekening warga yang disalurkan bank yang sudah ditunjuk pemerintah, namun karena dengan akses yang cukup sulit seperti di daerah pegunungan tengah Papua , sehingga bantuan pemerintah disalurkan melalui PT Pos Indonesia dengan mengumpulkan warga dan untuk menyalurkan bantuan itu tepat sasaran tidak ada masalah tentu dibantu juga oleh  TNI/Polri.

  “Jadi kalau di tempat lain bantuan khususnya untuk PKH dan BST bantuan Sosial pangan non tunai bisa dilakukan melalui rekening keluarga  penerima manfaat, Karena disana didukung oleh fasilitas bank himbara, bank himbara sudah mempunyai fasilitas cabang-cabang bank pembantu,  namun di Papua  tidak  mungkin dilakukan karena harus diterima langsung keluarga penerima manfaat dan sekarang dibantu PT Pos Indonesia dan saya sudah usulkan kepada Menteri Sosial supaya dibantu oleh TNI untuk di lapangannya terutama untuk di wilayah yang sulit, seperti saya akan mengecek di Boven digoel sejauh mana pelayanan PT Pos mengantar bantuan Kemensos Apakah sudah diterima keluarga penerima manfaat dengan baik,”jelasnya.

  Ditambahkan, di tengah pandemi virus Corona yang masih ada dan upaya dalam pemulihan di tahun 2021 Presiden Jokowi juga tetap akan memberikan bantuan stimulus kepada masyarakat maupun pelaku usaha untuk tetap terus eksis dan bertahan dalam menjalankan roda perekonomian dan ini sudah ditandatangani presiden yang nantinya bisa diserahkan pada tahun 2021. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *