Kapolres: Jelang 1 Desember, Tak Ada yang Perlu Ditakutkan!

Razia senjata tajam dan imbauan Kamtibmas intensif dilakukan jajaran Polres Jayapura menjelang akhir tahun untuk memelihara kamtibmas di Jayawijaya, Selasa (24/11). ( FOTO: Denny/ Cepos)

WAMENA-Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen Polres  menyatakan  bahwa menjelang 1 Desember tidak ada yang special  atau ada sesuatu yang membuat warga harus takut berlebihan. Menurutnya tidak ada yang rawan, sehingga kepolisian lebih mengantisipasi mobilitas aktifitas di akhir tahun. Karena itu, aktifitas masyarakat juga diharapkan berjalan seperti biasa.

   “Khusus dari kami, hanya terus melakukan kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan (KRYD) dalam mengantisipasi berbagai bentuk kejahatan yang menjadi ciri khas di Jayawijaya,” ungkapnya Rabu (25/11) via selulernya.

   Menurutnya, contoh kejahatan yang menjadi ciri khas di Jayawijaya yakni, meningkatnya angka pemabukan di akhir tahun, jambret, curas dan curanmor, yang selalu tinggi menjelang akhir tahun ini yang terus diantisipasi oleh kepolisian.

   “Kita tahu dari mabuk bisa melakukan curas, pencurian, aniaya dan melakukan kekerasan lainnya, ini yang perlu diingat sehingga angka pemabukan ini yang kita terus tekan agar tidak berdampak meluas  menjadi konflik sosial,” jelas Rumaropen.

   Pihaknya akan terus mengantisipasi penyebaran covid -19 di akhir tahun, karena sampai   kasus Covid berada di angka 30-an dan kini tinggal 25 kasus. Tetapi ini juga berbahaya bagi kesehatan masyarakat sehingga jajaran Polres Jayawijaya terus melakukan imbauan. “Kami terus melakukan imbauan seperti biasanya di tempat keramaian agar masyarakat mentaati protokol kesehatan diakhir tahun,”kata Kapolres.

   Ia menyatakan untuk 1 Desember tak ada yang menonjol, pihaknya hanya mengantisipasi aktifitas warga di akhir tahun bisa meningkatkanya berbagai kasus yang disebabkan karena angka pemabukan. Kegiatan-kegiatan akhir tahun yang menyimpang ini bisa dieliminir dengan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan oleh karena itu lebih fokus ke sana.

    “Tak ada yang perlu dikhawatirkan dari 1 Desember, kami harapkan aktifitas masyarakat bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan, kita lebih fokus kepada gangguan kamtibmas yang selalu terjadi di Wamena seperti jambret, curas dan curanmor yang meskipun berkurang tetapi tetap saja masih ada,”beber Rumaropen. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *