Sehari 16 Orang Terkonfirmasi Covid

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Merauke,  dr. Nevile R. Muskita

MERAUKE-Pihak Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Merauke  telah mengkonfirmasi 16 warga Merauke  telah terkonfirmasi positif Corona.  Ke-16 orang yang terkonfirmasi  tersebut setelah dilakukan pemeriksaan swab lewat Test Cepat Molekuler  (TCM) RSUD Merauke.

  “Hari ini,   ada 16 orang yang terkonfirmasi Covid-19,’’’ kata  Juru Bicara Gugus Tugas  Covid-19  Kabupaten Merauke dr. Neville R. Muskita, dihubungi  Cenderasih Pos, kemarin.

   Meski begitu, Neville belum mendapat rincian dari pihak RSUD Merauke  berapa  pelaku perjalanan dan berapa kontak erat dari 16 orang tersebut. ‘’Saya belum dapat rinciannnya  berapa orang yang kontak  erat dan berapa pelaku perjalananan,’ terangnya.

  Namun  dari 16 orang tambahan positif  tersebut, jelas Neville, terkonfirmasi bahwa  semuanya dengan gejala ringan. “Karena  gejala ringan maka mereka menjalani  isolasi selama 10 hari di Hotel Asmat dan Hotel Akat,” katanya.

   Artinya,  setelah 10 hari menjalani  isolasi di  kedua tempat   tersebut tanpa diswab lagi nanti mereka  dipulangkan ke rumah mereka masing-masing untuk menjalani  karantina mandiri lagi. “Kecuali kalau gejala sedang dan berat,  maka dilakukan isolasi dan pengobatan di RSUD Merauke,” terangnya.

   Dengan tambahan 16 kasus tersebut, maka  total terkonformasi Covid-19 di Kabupaten Merauke secara kumulatif sebanyak 186 kasus. Neville Mukita juga mengungkapkan bahwa meski ada tambahan,  tapi ada juga 9 orang yang telah dipulangkan karena menjalani karantina selama 10 hari.   

  Sehingga total yang telah dinyatakan sembuh atau menjalani karantina selama 10 hari tanpa swab kembali sebanyak 170 kasus. “Sehingga  yang menjalani karantina dan perawatan  sekarang sebanyak 16 orang yang baru terkonfirmasi Covid-19 tersebut,” tambahnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *