Di Thailand, Todd Ferre Harus Siap Diajari Passing dan Kontrol Bola

Todd Rivaldo Ferre saat bermain untuk Persipura Jayapura di Liga 1 2020 ( FOTO: Jawa Pos)

JawaPos.com – Pemain muda Persipura Jayapura Todd Rivaldo Ferre mendapatkan kesempatan berharga. Pemain 21 tahun itu dipinjam klub Liga 2 Thailand Lampang FC. Todd Ferre dipinjam sampai Maret 2021. Jika Lampang lolos kualifikasi, peminjaman akan diperpanjang sampai April 2021.

Kedatangan Todd Ferre di Thailand disambut kompatriotnya, Yanto Basna. Yanto saat ini menjalani musim ketiganya di Negeri Gajah Putih.

Kepada Jawa Pos, Yanto mengaku siap memandu pemain yang pernah berkostum timnas U-19 dan U-23 itu. Apalagi, keduanya sama-sama berasal dari Papua. Yanto tak segan akan menemui Todd Ferre ketika sudah tiba di Thailand.

’’Beda provinsi, tapi tak masalah. Kalau saya ada waktu, saya akan bertemu dan melihat dia bermain,’’ ujarnya. ’’Awal Desember rencananya dia datang ke sini (Thailand, Red),’’ lanjut pemain 25 tahun tersebut.

Bergabungnya Todd Ferre di kasta kedua sepak bola Thailand sangat ditunggu Yanto Basna. Dia sangat mengapresiasi keberanian Todd menerima tawaran tersebut.

Menurut dia, pesepak bola muda di Indonesia harus punya mental berani bermain ke luar negeri. ’’Apalagi, dia anak Papua. Harus bisa buktikan talenta Papua itu luar biasa. Layak bermain ke luar negeri,’’ ucapnya.

Yanto mengungkapkan, level sepak bola Thailand berada di atas Indonesia. Karena itu, dia berharap Todd Ferre bisa bersabar dalam beradaptasi. ’’Saya akan bimbing dia. Todd juga harus turunkan ego agar bisa beradaptasi. Seperti saya dulu, dari nol di sini,’’ jelasnya.

Ya, Yanto Basna juga mengawali karir di Liga Thailand di kasta kedua Liga Thailand. Yaitu, bersama Khon Kaen pada musim 2018. Lantas, musim berikutnya, dia pindah ke klub lain di kasta yang sama, Sukhotai FC. Baru musim ini dia dikontrak PT Prachuap dan jadi pemain inti. Bahkan sempat masuk Thailand All-Star.

’’Saya dulu diajari lagi dari awal bagaimana cara passing, kontrol bola, strategi, belajar ulang semua. Sempat minder memang. Saya ini pemain Liga 1, pemain timnas, kok diajarin dasar main bola. Tapi, saya pikir demi kebaikan, akhirnya kesampingkan ego itu. Hasilnya, mereka di sini semua memberikan apresiasi,’’ beber pemain yang belum lama menuntaskan jenjang pendidikan S-1 itu.

Dia berharap Todd bisa seperti itu. Tidak berpikir datang ke Thailand sebagai bintang. Justru berpikir datang dan beradaptasi dulu, lupakan status ’’bintang” yang disandang untuk sementara.

’’Di sini berstatus pemain asing juga. Jadi, harus beri bukti. Jadi, saya harap Todd bisa bersabar dan kerja keras,’’ ujarnya.

Ketika ditanya apakah Todd bisa mengikuti jejaknya di Thailand, Yanto Basna justru sangat yakin. Bahkan, dia berharap Todd bisa lebih berprestasi darinya. Bisa jadi bintang di sepak bola Thailand. ’’Harus lebih dari saya. Intinya adaptasi dulu, turunkan ego, ambil kesempatan ini sebaik-baiknya,’’ tuturnya.

Dia menyadari karakter pemain muda Indonesia, khususnya Papua, adalah sulit beradaptasi di luar negeri. Rasa rindu keluarga dan kampung halaman memang kerap kali menyelimuti.

Tapi, jebolan SAD Uruguay tersebut menegaskan semua itu harus dilupakan dulu demi karir yang lebih baik.

’’Harus berani keluar, cari tantangan baru. Kalau hanya nyaman bermain di Indonesia karena gaji besar buat apa. Di luar sini, pengalaman banyak, sangat penting untuk karir sepak bola, apalagi Todd masih muda,’’ katanya.

Bergabungnya Todd Ferre ke Lampang FC mendapat support penuh dari pelatih Persipura Jacksen F. Tiago. Bahkan, Jacksen beharap Todd Ferre bisa bertahan lama di Thailand.

’’Jangan cuma sekadar Liga 2 Thailand Rivaldo Ferre. Meski kami sangat membutuhkan tenagamu, semoga kamu tidak balik lagi dalam waktu dekat ini,’’ tulis Jacksen F. Tiago dalam komentar Instagram @Persipurapapua1963.(JawaPos/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *