Sudah Bertemu PTFI Bahas Rehabilitasi Cagar Alam Cycloop

Yan Yap Ormuseray ( FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Dinas Kehutanan Provinsi Papua telah melakukan pertemuan dengan PT Freeport Indonesia, guna membahas pemulihan ekosistem di area eks banjir bandang Kabupaten Jayapura, di cagar alam pegunungan Cycloop.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray, bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Pemprov Papua dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepakat melakukan rehabilitasi hutan dan lahan sejak tahun lalu dan ada kewajiban PT Freeport unutk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan di area tambangnya.

“Tapi karena di area tambang masih sementara berlangsung, sehingga Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Pemprov Papua mengalihkan untuk melakukan rehabilitasi di area eks banjir bandang di cagar alam Pegunungan Cycloop,” jelas Yan Yap Ormuseray, Sabtu (23/11) kemarin.

Pihaknya baru bertemu 18 November dengan PT Freeport yang datang untuk melakukan rehabilitasi. ‘’Saya juga sudah komunikasi dengan Bupati Jayapura. Rencananya Senin (kemarin) PT Freeport akan melakukan rehabilitasi dalam rangka pemulihan ekosistem pasca banjir bandang, bersama tenaga ahli Uncen dan Dewan Adat Suku (DAS),” sambungnya.

Pihaknya berharap, selain menanam tanaman pelindung pada kawasan rentan longsor, sekaligus bagian dari pemulihan ekonomi dengan tanaman buah-buahan, seperti pinang, matoa dan rambutan. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *