Hidupkan UKS, Sekolah Diminta Gandeng Puskesmas

Laorens Wantik, S.Pd., M.Pd.Si. (gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Laorens Wantik, menjelaskan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang sudah semestinya diketahui pihak sekolah, yakni Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat.

Kata Wantik, khusus untuk poin pelayanan kesehatan, pihaknya telah meminta pihak sekolah melalui kepala sekolah maupun guru untuk mengambil perannya membangun kerja sama dengan Puskesmas atau Posyandu, guna menghidupkan kembali pelayanan kesehatan di sekolah.

“Jadi, trias kesehatan itu pertama pendidikan kesehatan, kedua pelayanan kesehatan dan ketiga pembinaan lingkungan sekolah sehat. Poin kedua, sebenarnya kepala sekolah maupun guru mengambil peran membangun kerja sama dengan Puskesmas atau Posyandu setempat untuk menghidupkan pelayanan UKS di sekolah, baik untuk pengobatan maupun pemenuhan gizi para peserta didik di sekolah,” jelas Laorens Wantik, Sabtu (21/11) kemarin. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *