Wacanakan FDS Digelar Juni

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mewacanakan Festival Danau Sentani (FDS) digelar lebih cepat dari rencana sebelumnya yang akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan pada Oktober 2021.
“Untuk FDS ini lebih baik kita kembalikan ke rencana awalnya, bulan Juni,” kata Mathius Awoitauw, usai menghadiri diskusi dan sosialisasi terkait pariwisata di Kabupaten Jayapura, di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Kamis,(19/11).
Dia punya alasan mengapa FDS ini digelar lebih cepat dari rencana semula. Salah satunya, supaya sukses ekonomi yang menjadi salah satu bagian terpenting dari pelaksanaan PON di Papua bisa dimulai lebih awal.
“Dengan digelarnya FDS itu bisa dibuat paket wisata. Ini harus direncanakan OPD teknis, kampung-kampung juga bisa anggarkan, sehingga pelaku usaha pariwisata ini bisa mendesain dan nanti disampaikan ke OPD teknis sehingga sukses ekonomi dalam rangka PON itu bisa mulai lebih awal,”harapnya.
Selain sektor pariwisata, hal lain yang bisa dijual antara lain souvenir dan juga kuliner khas Papua. Meskipun kegiatan FDS itu terbatas atau dibatasi, namun untuk kegiatan ekonomi harus tetap dilaksanakan sampai pada saat penyelenggaraan PON.
“Kita dorong sepert itu, sehingga pemberdayaan ekonomi dan juga dampak ekonomi dari pelaksanaan PON itu betul-betul berdampak kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura,” tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *