Tokoh Agama Ajak Warga Taati Peraturan Pemerintah

Pdt. M.P.A. Mauri STh  (Humas Polda)

Menjaga Situasi Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif Jelang Pilkada

JAYAPURA- Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 11 Kabupaten di Papua, Tokoh agama ajak warga taati peraturan pemerintah dan menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif

Ajakan tersebut datang dari Tokoh Agama dan juga Ketua PGPI Provinsi Papua, Pdt. M.P.A. Mauri STh, ia mengajak dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan di Provinsi Papua. Hal ini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam menyambut Pilkada 2020 serta Natal dan Tahun baru 2021.

“Dalam menyambut hari besar serta momen besar nasional Pilkada, Natal dan Tahun baru. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Papua agar selalu menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” ajak Pdt Mauri sebagaimana rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Kamis (19/11).

Dirinya meminta dengan dikeluarkannya Maklumat Kapolda seluruh masyarakat yang akan mengkuti kegiatan tersebut untuk selalu mentaati semua aturan yang tercantum dalam poin-poin  yang terdapat dalam Maklumat tersebut.

“Dalam maklumat yang telah dikeluarkannya tidak melarang atau membatasi kegiatan masyarakat di Papua, namun untuk mencegah terjadinya peningkatan pasien atau adanya klaster baru terinfeksi Covid-19 di Papua,” terangnya.

Dikatakan, Maklumat tersebut merupakan nasehat yang harus diterima baik oleh masyarakat. Bukan melarang untuk melakukan aktifitas tetapi ada aturan atau batasan-batasan dimana dalam poin disebutkan kegiatan tidak mengumpulkan banyak orang lebih dari 50 orang dan harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan banyak orang.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga situasi Kamtibmas  dalam menghadapi kegiatan Pilkada pada 9 Desember nanti, yang mana agar seluruh masyarakat dapat menyalurkan suaranya dalam memilih pimpinan daerah untuk 5 tahun kedepan dan memilih pemimpin untuk perubahan Papua khususnya di daerahnya masing-masing yang lebih baik,” terangnya.

Ali Kabiay

Sementara itu, Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua Ali Kabiay mengimbau kepada seluruh masyarakat di tanah Papua untuk mematuhi Maklumat Kapolda yang telah dikeluarkan pada tanggal 14 November 2020.

Dikatakan, Maklumat tersebut secara umum menyebutkan bahwa kita harus selalu menjaga Kamtibmas dan juga mematuhi Protokol Kesehatan dimana saat ini kita masih berada pada masa Pandemi Covid-19.

“Maklumat tersebut merupakan nasehat yang harus diterima baik oleh masyarakat, bukan melarang untuk melakukan aktifitas. Tetapi kegiatan tersebut harus dilakukan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” jelasnya.

Lanjutnya, menjaga Kamtibmas bukan semata-mata tugas TNI-Polri. Namun juga merupakan tugas seluruh masyarakat Indonesia yang lebih khususnya di Papua. Sehingga itu, mari menjaga Kamtibmas demi menjaga keamanan, dimana kedepan akan menyelenggaranya event-event besar di Papua yakni Pilkada serentak 9 Desember 2020, Natal dan Tahun baru serta PON XX di Papua.

“Saya mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga situasi Kamtibmas dalam menghadapi  Pilkada serentak. Seluruh masyarakat mengikuti kegiatan tersebut dengan memberikan hak pilih kita untuk memilih pemimpin yang membawa daerahnya lebih baik dalam pembangunan dan perekonomian,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *