Persipura Salah Satu Tim Lolos Licensing Klub AFC 2020

Tiga benteng Persipura Israel Wamiau, Ricardo Salampessy dan Donny Monim foto bersama usai laga perdana Persipura vs PSIS Semarang di Stadion Klabat, Manado, Maret lalu. (Erik / Cepos)

 

JAYAPURA – PSSI melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan di Hotel Harris FX, Jakarta, Kamis (19/11) memutuskan enam klub dinyatakan granted. Keenam klub tersebut adalah Persipura Jayapura, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.
PSSI telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle tahun 2020 meski dalam situasi pandemi Covid-19.
AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.
Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.
Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.
Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.
Asisten Manajer Persipura Jayapura, Ridwan Bento Madubun mengatakan bahwa selama ini manajemen Persipura Jayapura terus konsisten untuk memastikan status Persipura sebagai tim yang mengantongi AFC Club Licensing.
“Kita bersyukur, sesuai petunjuk Ketua Umum (Tomi Mano), manajemen tetap bekerja untuk memastikan status klub Persipura Jayapura sebagai salah satu klub profesional bersama 5 klub lainnya di Indonesia untuk tahun 2020,” ungkap Bento sapaan akrabnya kepada Cenderawasih Pos, saat dihubungi via telepon selulernya, Jumat (20/11).
Mantan wartawan itu menuturkan, meski di tengah Pandemi tidak mengendorkan manajemen Persipura dalam memenuhi segala kriteria penilaian.
“Walaupun ditengah badai pandemi Covid-19 tetapi kita tetap berusaha memenuhi seluruh aspek yang ditetapkan sebagai persyaratan.
Semoga kita bisa terus mempertahankan ini, demi Persipura dan tanah Papua tentunya,” pungkasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *