Pemkab akan Usulkan Tiga Daerah Otonomi Baru

Mathius Awoitauw, SE, M.Si ( foto: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan mengusulkan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan, melihat cakupan wilayah Kabupaten Jayapura yang sampai saat ini masih sangat luas, Pemkab Jayapura mempunyai keinginan untuk mengusulkan wilayah Kabupaten Jayapura untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru.

“Selain DOB Grime Nawa yang telah didorong, yang akan disulukan jadi DOB adalah wilayah Airu, Unurumguay dan Lereh dengan cakupan wilayah yang sangat luas, ini dapat mempermudah kendali pelayanan kepada masyarakat di tiga wilayah tersebut,”ujar Bupati Mathius di Sentani, Rabu, (18/11).

Bupati Mathius mengaku, cakupan wilayah Kabupaten Jayapura yang sangat luas ini menyebabkan sebagian pelayanan bagi masyarakat belum maksimal. Sehingga hal ini dibutuhkan pendekatan pelayanan, salah satunya dengan memekarkan wilayah-wilayah yang cukup layak untuk dijadikan sebagai daerah otonomi baru.

“Itu luas sekali, biar mereka bisa mengorganisasi wilayahnya sendiri, kemudian juga Sentani harus menjadi Kota Madya. Karena Kabupaten Jayapura akan pindah ke pesisir,” katanya.

Menurut dia, ketika daerah otonomi baru itu dimekarkan, setiap wilayah yang diusulkan menjadi DOB dapat berjuang untuk meningkatkan sumberdaya yang ada. Karena jika dibiarkan begini terus, cukup berat bagi Kabupaten Jayapura dalam mengembangkan wilayahnya.

“Jika diberi ruang, mungkin mereka lebih cepat saling bersaing, sekarang kita lihat Keerom dan Sarmi setelah dimekarkan jadi kabupaten langsung berkembang begitu luar biasa,” tegasnya.

Ketika disinggung terkait isu yang beredar di media sosial soal rekomendasi pemekaran DOB Grime Nawa, dia mengatakan, isu tersebut adalah berita bohong atau hoax. Namun demikian, dia mengaku Grime Nawa tetap menjadi urutan pertama untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru di Kabupaten Jayapura.

“Tapi, Grime tetap di nomor urut pertama dalam memenuhi standar menjadi kabupaten, kita mau harus tiga,” ujarnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *