Stok Melimpah Harga Ikan Murah

Penjualan ikan di Pasar Ikan Hamadi, Selasa (16/11) kemarin. (FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Harga ikan di Pasar Ikan Hamadi kembali ‘banjir’ dan stok ikan pun melimpah di pasaran. Bahkan hampir semua jenis ikan harganya sangat terjangkau, dikarenakan cuaca dan musim ikan semakin baik.

Haris penjual ikan di Pasar Ikan Hamadi menjelaskan,  sudah hampir empat hari terakhir ini, harga ikan di pasaran murah meriah.  Bahkan stok ikan melimpah di pasaran, meski harga ikan murah meriah permintaan ikan masih sepi.

“Permintaan konsumen memang sedikit sepi, karena maraknya penjualan ikan keliling saat harga ikan lagi murah seperti saat ini. Bahkan musim ikan dan cuaca akhir-akhir ini mulai membaik,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (16/11) kemarin.

Diungkapkan, harga ikan saat ini untuk ikan ekor kuning  Rp 100 ribu/tiga ekor, ikan cakalang Rp 50 ribu/ ekor, ikan deho Rp 50 ribu/8 ekor, ikan kembung Rp 50 ribu/tumpuk, ikan puri Rp 10 ribu/tumpuk, sontung Rp 100 ribu/tumpuk dan masih banyak jenis ikan lainnya.

“Saat ini permintaan masyarakat masih dominan ikan ekor kuning, ikan batu dan juga cakalang. Namun permintaan tidak begitu ramai, karena banyak penjual ikan keliling jika kondisi ikan sedang murah seperti saat ini,”ungkapnya.

  Ahmad penjual ikan lainnya menambahkan, kondisi saat ini memang tidak bisa diprediksi sampai kapan, karena harga ikan mengikuti hasil tangkapan nelayan dan perkiraan cuaca. Jika kondisinya baik-baik saja,  harga ikan bisa tetap stabil sampai akhir bulan.

“Biasanya memasuki bulan Desember harga ikan pasti akan mengalami kenaikan, karena cuaca di Bulan Desember kadang lebih berangin dan gelombang laut cukup tinggi,” tambahnya.

Saat ini ia jual ikan  ekor kuning Rp 100 ribu/3 ekor  dan ada kemungkinan Desember ikan ekor kuning naik menjadi Rp 100 ribu/ ekor bahkan lebih. Begitu juga dengan ikan-ikan lainnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *