Pengajuan Ekstra Flight Tak Akan Ditolak

Bupati Jhon Richard Banua ( FOTO: Denny/Cepos)

WAMENA-Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi memastikan tetap akan mengakomodir permintaan penambahan waktu penerbangan khusus untuk pesawat komersil yang beroperasi di Jayawijaya. Seperti  dari Wings Air dan Trigana Air Service untuk memenuhi  kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi jelang perayaan natal dan tahun baru nanti.

   Menurutnya, Pemkab Jayawijaya terus mengakomodir permintaan maskapai penerbangan yang ada di Wamena untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang akhir tahun 2020 pada masa pandemi Covid -19, namun untuk saat ini belum ada yang mengajukan tambahan penerbangan.

  “Kalau ada maskapai yang  butuh penambahan  penerbangan, kita akan akomodir itu, kita lakukan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan bepergian di akhir tahun  yang biasanya padat, sehingga itu tergantung dari permintaan maskapai,” ungkapnya Senin (16/11) kemarin.

  Jhon mengaku,  pihaknya akan menunggu kapan maskapai ingin mengajukan ekstra flight   sesuai dengan permintaan masyarakat. Sebab masalah penumpukan penumpang baik di Wamena maupun Jayapura itu yang tahun dari maskapai.

   “Contoh kemarin pada saat trigana meminta waktu untuk terbang ke Wamena guna mengangkut rombongan MRP kembali ke Jayapura kita izinkan untuk melakukan penerbangan meskipun hari minggu sebenarnya tidak ada jadwal penerbangan,” bebernya.

  Ia juga memastikan jika tambahan waktu penerbangan diberikan  untuk semua maskapai , pemerintah  tidak pernah tolak apabila ada permintaan itu, karena ini kebutuhan masyarakat. Sekarang tergantung pihak penerbangan saja untuk melihat perkembangan situasinya.

  Secara terpisah Pelaksana Tugas Harian Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Wamena Ferdinand Halattu mengaku untuk penambahan waktu penerbangan yang terkait dengan penumpang, sampai saat ini belum ada pengajuan dari maskapai, sementara yang sudah dilakukan itu ekstra flight  untuk penerbangan cargo.

   “Kita belum tahu mengapa belum ada pengajuan penambahan penerbangan, karena  masalah ini dari masing -masing maskapai yang beroperasi di Wamena, kemungkinan mereka akan melihat lonjakan penumpang seperti apa baru diajukan penambahan penerbangan,”jelasnya.

   Sementara untuk jumlah penumpang, kata Ferdinand, hingga saat ini masih normal dan belum ada lonjakan. Pihaknya juga siap memberikan izin ekstra flight  kepada maskapai penerbangan sipil apabila dilihat ada lonjakan penumpang.(jo/tri)

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *