Kapolres Merauke Berikan  Pelatihan Home Industri ke Warga

 Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji berikan pelatihan home industri kepada warga di Kediaman Dinas Kapolres di Jalan Raya Mandala Merauke, Senin (16/11).

JAYAPURA- Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji memberikan pelatihan home industri kepada warga di Kediaman Dinas Kapolres di Jalan Raya Mandala Merauke, Senin (16/11).

Home Industry ini bertujuan mensejahterakan warga Merauke, khususnya orang asli Papua dengan mengembangkan batok kelapa menjadi kancing pakaian.

Kapolres Merauke mengajak warga di Merauke untuk mengasah keterampilan dengan memanfaatkan limbah kelapa menjadi kancing baju.

‘’Dalam pelaksanaanya saya turun langsung mengajarkan warga cara membuat kancing pakaian dari limbah kelapa. Saya akan memanfaatkan limbah di Merauke untuk menjadi produk unggulan. Pemanfaatan limbah itu dengan mengajak warga untuk terlibat di dalamnya. Satu buah kelapa ini dapat memiliki nilai jual hingga Rp 500.000 bila memiliki corak yang bagus,” jelasnya.

Dijelaskan, kancing pakaian yang terbuat dari limbah kelapa itu mempunyai nilai jual yang tinggi bahkan mempunyai nilai ekspor.

‘’Kita akan kembangkan usaha ini dengan melibatkan warga Papua. Dalam pelatihan dasar saya memberikan cara-cara menbuat kanjing pakaian. Mulai dari membersihkan batok kelapa, hingga mencetak batok menjadi sebuah kancing pakaian,” jelasnya.

Warga yang mengikuti pelatihan tersebut sangat antusias dan mengapresiasi Kapolres Merauke yang dengan rendah hati mau mengajarkan pelatihan home industry. Semoga home industry ini tetap berlanjut dan menambah kesejahteraan warga di Merauke. (fia/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *