Presiden Buka Pelaksanaan MTQ XXVIII Secara Virtual

Kafilah MTQ Papua ketika mengikuti pembukaan MTQ XXVIII di Stadion Utama Sikabu, Padang Pariaman Sumatera Barat, Sabtu (14/11) lalu. (FOTO : Humas Kemenag Papua)

JAYAPURA- Presiden RI Joko Widodo secara virtual membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XXVIII 2020 yang diselenggarakan di Stadion Utama Sikabu, Padang Pariaman Sumatera Barat, Sabtu (14/11) lalu.
Presiden mengingatkan bahwa nilai-nilai Al Qur’an mengajarkan untuk bekerjasama dalam ketakwaan, meneladani kepribadian Rasulullah SAW, menebarkan kasih sayang dan menjauhi perbuatan yang menyakiti sesama.
MTQ menurutnya juga sebagai sebentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak umat manusia dengan keislaman yang baik, yang akan memperkuat jati diri dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah bashoriyah. “Semangat sebagaimana dicontohkan Rasul harus diteladani kita di masa pandemi. Semangat itu adalah ikhlas membantu tanpa membedakan suku, agama, dan ras, berbagi beban dengan sesama,” katanya. Presiden yakin, dengan pertolongan Allah dan ikhtiar Indonesia akan melalui ujian, bangkit dan pulih kembali.
Sementara itu Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi dalam kesempatan yang sama menegaskan bahwa MTQ tidak cukup sebagai syiar, namun juga Al Qur’an harus jadi pedoman umat untuk mewujudkan kehidupan yang semakin baik. “Walaupun diselenggarakan dalam keprihatinan dan kewaspadaan semoga penyelenggaraan MTQ kali ini tidak menghilangkan substansi dan syiar MTQ,” harapnya.
Tak lepas dari pantun, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memohon maaf atas pengetatan sesuai protokol COVID-19 di tiap kegiatan MTQ Nasional. Tercatat 32 provinsi mengikuti kegiatan MTQ Nasional di masa pandemik ini. MTQ kali ini mengangkat tema “Mewujudkan SDM unggul profesional dan Qurani untuk Indonesia Maju.”
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei turut menghadiri pembukaan MTQ Nasional. Bersamanya hadir pula Asisten III Bidang Umum Dr. H. Ridwan Rumasukun mewakili Gubernur Provinsi Papua, dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Dr. H. Muhammad Musaad, yang juga Kepala Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Papua.
Sekadar diketahui, Provinsi Papua mengikuti hampir semua cabang lomba yaitu tilawah anak putra, tilawah anak putri, tilawah remaja putra, tilawah remaja putri, tilawah dewasa putra, tilawah dewasa putri, tilawah tartil putra, tilawah tartil putri, hifdzil 1 juz putra, hifdzil 1 juz putri, hifdzil 5 juz putra, hifdzil 5 juz putri, hifdzil 10 juz putra, hifdzil 10 juz putri, hifdzil 20 juz putra, fahmil qur’an putra, fahmil qur’an putri, syarhil qur’an putra, syarhil qur’an putri, karya tulis ilmiah al Quran putra, karya tulis ilmiah al Qur’an putri, kaligrafi golongan mushaf Al Quran putra, kaligrafi golongan mushaf Al Qur’an putri, kaligrafi golongan dekorasi putra, kaligrafi golongan dekorasi putri, kaligrafi golongan kontemporer putra, dan kaligrafi golongan naskah putri. (humas)

1 thought on “Presiden Buka Pelaksanaan MTQ XXVIII Secara Virtual

  1. Ayoooooo !!!
    Yang jauh mendekat, Yang dekat merapat guyss
    Bingung memilih situs Judi Online Terbaik & Terlengkap
    Gabung aja guys besama kami di https://QQHarian88.com/
    Banyak promo menarik untuk anda semua
    Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya
    Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *