Batalyon D Pelopor Brimob Akhirnya Disahkan Kapolri

Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, MHum didampingi Wadanyon Pelopor D Brimob Merauke saat memotong tumpeng HUT Korps Brimob ke-75, Sabtu (14/11). (Foto : Sulo/Cepos)

MERAUKE- Setelah berjalan selama kurang lebih 6 tahun, keberadaan Batalyon D Pelopor Brimob Merauke akhirnya disahkan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Pengesahan Batalyon D Pelopor Brimob Merauke ini sesuai dengan Keputusan Kapolri Nomor 2159/XI/2020 tahun 2020 tanggal 4 November 2020.
“Kami ingin menyampaikan bahwa status Batalyon D Pelopor Brimob Merauke telah disahkan sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor 2159/XI/2020 tahun 2020 tanggal 4 November 2020,” kata Wadanyon D Pelopor Brimob Merauke AKP Syahrifuddin Ahmad, kepada wartawan seusai mengikuti upacara peringatan HUT Korps Brimob ke-75 secara virtual di Mako Batalyon D Pelopor Brimob Merauke, Sabtu (14/11).
Menurut Wadanyon, Batalyon D Pelopor Brimob Merauke ini terdiri dari beberapa kompi, yakni kompi 1 di Merauke, kompi 2 di Mappi, dan Kompi 3 dan 4 di Jayawijaya. Dikatakan, untuk sementara pihaknya bergabung dengan Kompi 1 yang ada di Merauke.
“Kalau kompi itu sudah lama. Sementara untuk batalyon ini masih baru, sehingga kami perlu bangunan sendiri,” jelasnya.
Untuk lokasi pembangunan Batalyon ini, sambung Wadanyon, berada di Payum Kelurahan Samkai Merauke dengan luas sekitar 7 hektar. “Itu sudah kami siapkan. Kami tinggal tunggu kebijakan dari pimpinan untuk pembangunan Mako,” tandasnya.
Terkait dengan pelaksanaan Pilkada, Wadanyon juga menjelaskan bahwa sejak awal pihaknya telah mempersiapkan dengan baik yang berkaitan dengan pengamanan untuk mengantisipasi perkembangan situasi di Merauke dan Boven Digoel.
“Perlu juga kami jelaskan bahwa beberapa hari lalu, sebanyak 1 SST atau 30 personel Batalyon ini didorong ke Kabupaten Boven Digoel untuk mengantisipasi perkembangan situasi keamanan di sana terkait dengan Pilkada juga,” terangnya.
Sementara untuk personel di Merauke, lanjut dia, pihaknya tetap full mempersiapkan diri memback up Polres dan KPU Merauke dalam pelaksanaan Pilkada. Upacara secara virtual tersebut dilanjutkan dengan syukuran yang dihadiri Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, Bupati Merauke Fredrikus Gebze, SE, M.Si dan sejumlah pensiunan Brimob Merauke. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *