Akan Lakukan Mapping dan Identifikasi, Sebelum Munculkan Konsep Bangun Kanwil Kemenkumham

(Foto : Humas Kemenkumham Papua For Cepos)

Bincang-bincang dengan Kakanwil Kemenkumham Papua, Antonius Mathius Ayorbaba, S.H, M.Si.

Nama Antonius Mathius Ayorbaba cukup akrab di telinga masyarakat Kota Jayapura, dia pernah memimpin Lembaga Pemasyarakatan Abepura sepuluh tahun lalu. Kini Antonius Ayorbaba kembali ke Papua (Kota Jayapura) menjadi orang nomor satu di jajaran Kakanwil Kemenkumham, apa yang akan dilakukannya?

Laporan: Roberthus Yewen

Ya, meskipun sudah dilantik secara resmi sebagai Kakanwil Kemenkumham Papua yang baru, tetapi Antonius Ayorbaba masih menunggu serah terima jabatan bersama Kakanwil Kemenkumham Papua yang lama. Mantan Kalapas Abepura ini akan melakukan mapping dan identifikasi sebelum melakukan konsep dalam membangun Kakanwil Kemenkumham Papua kedepannya.
Antonius Mathius Ayorbaba, S.H, M.Si secara resmi telah dilantik menjadi Kepala Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Perwakilan Provinsi Papua, Kamis (12/11) kemarin. Pelantikan sumpah dan janji ini dilakukan secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Yosana Laoly.
Usai dilantik, Antonius Ayorbaba yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kemenkumham Perwakilan Papua Barat ini mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak, terutama dari alumni Universitas Cenderawasih (Uncen) dan berbagai pihak lainnya.
Mantan Kepala Lembaga Permasyarakat (Lapas) Abepura tahun 2008-2010 ini belum bisa berbicara banyak mengenai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai Kakanwil Kemenkumham Papua yang baru, sebab harus menunggu serah terima jabatan dengan Kakanwil Kemenkumham Papua yang lama.
Meskipun sudah dilantik secara resmi, tetapi Antonius Ayorbaba masih masih bekerja sebagai Kakanwil Provinsi Papua Barat, sambil menunggu serah terima jabatan dengan Kakanwil Kemenkumham Papua yang lama.
“Untuk sementara saya masih bekerja sebagai Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, sambil menunggu serah terima jabatan dengan Kakanwil Kemenkumham Papua yang lama,” kata Ayorbaba, saat dikonfirmasi cenderawasih pos melalui telepon selulernya, Jumat (13/11).
Antonius Ayorbaba sendiri merupakan Kakanwil Kemenkumham Papua Barat yang kesepuluh dan merupakan Kakanwil Kemenkumham Papua Barat orang asli Papua (OAP) kedua, setelah almarhum Demianus Rumbiak.
Sementara untuk, Kakanwil Kemenkumham Papua orang asli Papua (OAP) sendiri, Antonius Ayorbaba merupakan yang keempat. Di mana yang pertama adalah Michael Bob Aronggear, Demianus Rumbiak, Abner Banosro dan yang keempat adalah Antonius Ayorbaba.
Pada saat menjabat sebagai Kalapas Abepura, Antonius Ayorbaba pernah melakukan program asimilasi, di mana para narapidana ikut membangun Mall Ramayana di Abepura. Sementara itu, untuk yang akan dikerjakan sendiri akan disiapkan setelah serah terima jabatan akan disampaikan kepada para wartawan.
“Karena tantangan 10 tahun berbeda dengan sekarang. Jadi waktu yang ada ini saya harus melakukan pemetaan lagi terhadap kondisi Kanwil Kemenkumham Papua. Mapping data dulu, identifikasi semua, baru saya akan munculkan konsep apa yang akan saya buat di Papua,” ujarnya. (*/wen)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *