Covid-19 Meningkat, Pemkab Biak Cari Solusi

Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor kembali akan mencari solusi atau skenario untuk menghambat laju penularan Covid-19. Pasalnya, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan Kabupaten Biak Numfor saat ini menempati peringkat ketiga terbanyak pasien positif Covid-19 di wilayah Provinsi Papua.

   Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, perlu ada skenario yang kembali dilakukan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menyikapi kasus angka pasien positif yang terus mengalami peningkatan cukup tinggi.

   “Perlu kita laksanakan rapat koordinasi dan evaluasi terhadap penanganan atau pencegahan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor. Ini penting karena peningkatannya cukup signifikan, skenario apa yang akan dilakukan tentu perlu dibahas bersama dengan semua pihak terkait dan atau stakeholder lainnya,” kata Bupati.

   Di Kabupaten Biak Numfor jumlah pasien yang secara komulatif positif tertular Covid-19 telah menembus angka 626, dari jumlah sebanyak itu masih dalam perawatan dan diisolasi sebanyak 399 pasien dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 214 orang, sedangkan pasien positif yang dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 13 orang.

   Dengan angka positif yang mengalami peningkatan cukup signifikan dalam dua bulan terakhir, maka Kabupaten Biak Numfor menempati peringkat ketiga terbanyak kabupaten/kota di Papua yang pasien positif Covid-19 setelah Kota Jayapura menempati urutan pertama dan Kabupaten Mimika di posisi kedua terbanyak pasien positif Covid-19.

   “Data Covid 19 semakin meningkat sehingga mulai minggu depan kita laksanakan rapat untuk skenario penanganan dan pencegahan Covid 19. Kalau anjuran protokol kesehatan pencegahan Covid-19  tidak diperhatikan maka bisa saja dilakukan kembali jam beraktivitas, dan kalau memang dianggap perlu lockdown bandara dan pelabuhan juga bisa menjadi alternatif, namun tentu itu semua harus dibicarakan dulu,” tandasnya.

   “Untuk itu, mari kita semua sama-sama menjaga diri dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Mari kita saling mendukung supaya Covid-19 ini cepat berlalu dari Kabupaten Biak Numfor,” lanjut Bupati mengajak semua pihak.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *