Evakuasi Mobil, Temukan Mortir Aktif PD II

Anggota Brimob Polda Papua saat mengevakuasi bom mortir peninggalan Perang Dunia II yang ditemukan di Cemara Asei Kecil, Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Selasa (10/11).(foto: Polres Jayapura for Cepos)

SENTANI-Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura dikagetkan dengan adanya penemuan barang yang diduga mortir sisa Perang Dunia II yang masih aktif di tempat kejadian perkara kecelakaan tunggal mobil Avanza di Cemara Asei kecil Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa (10/11).

“Mortir itu awalnya ditemukan sekira pukul 9.30 WIT saat anggota Unit Lantas Polsek Sentani Timur sedang menangani TKP laka tunggal mobil Toyota Avanza. Sekitar 7 meter dari posisi mobil yang terguling di tepi Danau Sentani ditemukan sebuah benda diduga mortir peninggalan Perang Dunia II,” ungkap Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Selasa (10/11).

Setelah ditemukan anggota kemudian mengamankan areal dan mengimbau masyarakat untuk tidak berkumpul di sekitar tempat kejadian perkara. Selanjutnya personel Polsek Sentani timur kemudian menghubungi Unit Jihandak Satuan Brimob Polda Papua untuk mengevakuasi benda yang diduga mortir tersebut.

Adapun Brimob Polda Papua usai menerima informasi, langsung menurunkan tim jinak bom yang Iptu TB Silitonga yang langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan selanjutnya melakukan proses pengamanan dan evakuasi terhadap benda tersebut.

“Selanjutnya mortir dibawa ke Mako Satuan Brimob Polda Papua untuk dijinakan,”ujar mantan Kapolres Mimika itu.

Pihaknya memastikan pada saat ditemukan mortir peninggalan Perang Dunia II itu masih aktif sehingga langsung dibawa untuk dimusnahkan.(roy/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *