Lonjakan Penumpang Mulai Terasa

Penerbangan Trigana Air Sevice yang melayani masyarakat di Wamena. Menjelang akhir tahun, lonjakan penumpang mulai terasa. ( FOTO: Denny /Cepos)

WAMENA-Aviasi penerbangan Trigana Air Sevice mulai merasakan adanya lonjakan penumpang menjelang akhir tahun 2020. Karena itu, Trigana mulai mengajukan permintaan kepada pemerintah daerah Kabupaten Jayawijaya untuk menambah jadwal penerbangan agar bisa mengakomodir kebutuhan penumpang.

  Manager Trigana Air Service Wamena, Michael Biduri mengakui untuk lonjakan penumpang dari Wamena Jayapura dan Jayapura Wamena mulai dirasakan. Apalagi saat ini masih ada pembatasan waktu penerbangan selama pandemi Covid -19, sehingga   untuk ekstra flight baru diajukan kepada Pemda Jayawijaya.

  “Kita memang ada rencana ekstra flight, namun baru sebatas pengajuan, sementara yang saat ini berjalan itu dari Wamena itu tiap hari, tapi kalau Jayapura Senin, Kamis dan Jumat dalam masa Pandemi Covid -19,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos Senin (9/11) kemarin.

   Menurutnya, untuk pengajuan ekstra flight yang diajukan ini maka dari sentani juga mungkin bisa setiap hari dilakukan penerbangan untuk persiapan menjelang natal dan Tahun baru, dari pengajuannya diharapkan tiap hari itu dua hingga tiga kali penerbangan yang dilakukan oleh Trigana Air Service.

  “Boleh dikatakan sama saja dengan penerbangan normal, namun kita juga harus melihat protokol kesehatan yang diberlakukan dari Posko Covid -19 Jayawijaya, sehingga kita butuh persetujuan dari Pemda Jayawijaya,” jelas Michael.

  Ia juga menyatakan di tahun lalu sebelum adanya pandemi Covid -19 meskipun penerbangan normal, namun tetap ada penumpukan penumpang,. Pihaknya juga sudah merasakan itu, memang ada pengaruhnya saat protokol kesehatan dijalankan dengan penerbangan normal terhadap masyarakat yang akan melakukan libur natal dan tahun baru nanti.

  “Kita akan lihat lagi dengan pandemi Covid -19 saat ini apakah masyarakat akan tetap melakukan liburnya atau tetap membatasi liburnya di Wamena, namun kami sudah memperhitungkan menjelang Desember pasti ada lonjakan penumpang,” bebernya.

  Ia memastikan , kemungkinan kalau ada lonjakan penumpang dengan jadwal yang ada sekarang ini, pihaknya tak bisa melayani semua penumpang yang ada. Namun pihaknya tetap mengajukan permintaan untuk penambahan waktu penerbangan, sehingga bisa sedikit mengakomodir penumpang yang ingin bepergian.

  “Dengan jadwal yang ada sekarang dan kapasitas pesawat ATR mungkin kita tak bisa mengakomodir semua penumpang yang ada, baik dari Wamena dan Jayapura ini kendala yang kami hadapi.” jelas Michael.

  Ia menambahkan hingga saat ini lonjakan penumpang yang dirasakan ini karena memang cukup banyak yang mendaftar di Trigana Air Service baik dari Jayapura maupun dari wamena , namun untuk angka pastinya ia belum mengetahui secara pasti berapa banyak yang sudah terdaftar namun itu tergantung dari surat izin keluar dan masuk yang dikeluarkan Tim Covid -19 Jayawijaya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *