Sirkuit  Bermotor PON Rampung, Rencana Diresmikan di Bulan November 

Sirkuit bermotor untuk pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Kebun Coklat Distrik Tanah Miring sekitar 30 kilometer dari Kota Merauke dinyatakan rampung dan rencananya akan diresmikan  pada pertengahan November 2020. ( FOTO: Yohanes /Cepos)

MERAUKE- Pembangunan  Sirkuit bermotor untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX   tahun 2021 di Kebun Coklat, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke yang  dimulai sejak  Desember 2019 lalu  telah dinyatakan selesai atau rampung  100 persen.

Kepala Bidang  Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Merauke Yohanes Tato  ketika ditemui Cenderawasih Pos  di ruang kerjanya, mengungkapkan,  pekerjaan sesuai dengan  kontrak sudah selesai. ‘’Tapi sekarang yang dilakukan  kontraktor adalah pemeliharaan rumput dengan pembersihan-pembersihan. Apalagi,   begitu selesai  langsung hujan, sehingga kita perintahkan kontraktor   untuk melakukan inventarisasi  seperti saluran apakah tidak tersumbat, kemudian   lampu penerangan tidak ada yang koslet, lalu  mengecek flapon jangan sampai ada yang rusak. Semua itu  kita minta untuk dilakukan pengecekan,’’ kata  Yohanes  Tato.

  Menurutnya,  sekitar 6 bulan setelah pekerjaan itu selesai,   barulah diserahkan dari  kontraktor ke pemerintah. ‘’Jadi pemeliharannya sekitar 6 bulan ,’’ jelasnya.

Yohanes  Tato menjelaskan, bahw auntuk uji coba sirkuit  sudah dilakukan. Uji coba langsung  dilakukan pengurus IMI Pusat dengan mendatangkan beberapa atlet balap. ‘’Memang  setelah ujicoba ada koreksi sedikit terkait dengan marka jalan. Tapi untuk kontruksi tidak ada masalah,’’ katanya.

  Tato menjelaskan, rencana peresmian akan dilakukan paling lambat pertengahan  bulan  November 2020. Sebab, sirkuit ini rencananya  akan digunakan  untuk menggelar latihan dari para atlet  motor cross dari Merauke.

‘’Sebenarnya sudah ada beberapa yang sudah minta untuk mau menggelar latihan di sana. Tapi,  belum  diizinkan karena  itu belum  diresmikan,’’ katanya.

Apalagi, rumput di sepanjang pinggir lintasan baru  ditanam.  Pembangunan sirkuit bermotor  yang dibangun  dengan menggunakan APBD Kabupaten Merauke tahun 2019  ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 78  miliar dan menempati lahan seluas 28 hektar. Selain  banguun lintasan bermotor, juga dilengkapi dengan  sekertariat, bengkel,  dan tribun bagi VIIP.   (ulo/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *