Polisi Harus Bisa Memecahkan Persoalan di Kampung

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri memberikan pembekalan terhadap peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri di Aual Elsama Numberi SPN Polda Papua, Jumat (6/11) kemarin. (Humas polda)

JAYAPURA- Sebanyak 274 peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri T.A 2020 dapat pembekalan dari Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri di Aual Elsama Numberi SPN Polda Papua, Jumat (6/11).
Wakapolda ingatkan anggota bisa menjadi para Bintara yang bagus di tanah Papua, menjadi contoh bagi yang lain bahkan menjadi pahlawan pembentukan Polisi di Tanah Papua yang akan mengabdikan diri di setiap Kabupaten untuk sukunya di Papua. “Selama 58 hari modal bekal yang paling baik bagi peserta Binlat,” ucap Wakapolda.
Menurut Wakapolda, Polisi yang penting adalah disiplin mentalnya bagus, imannya bagus dan bisa memecahkan persoalan di kampung bukan malah memperkeruh. Dirinya yakin sebanyak 274 peserta sudah siap menjadi calon angota Polri Bintara garda terdepan yang bisa membaktikan diri di tanah kelahirannya.
“Sebelumnya Polda Papua pernah memiliki sebanyak 1500 Bintara otsus. Dari 1500 itu saya yakini bahwa sekarang ini tinggal sedikit yang masih dinas karena tidak dipersiapkan dengan baik, walaupun mereka dibentuk menjadi anggota Polri di luar Papua,” paparnya.
Padahal lanjut Wakapolda, anak-anak papua yang menjadi Bintara Polisi bisa merubah perilakunya, merubah kebiasaan buruknya di tanah Papua. Sehingga pada saat kembali ke Papua sudah ada transformasi percampuran dari budaya Sunda, Jawa Timur dan Bali.
“Dengan adanya program ini, kita tidak akan mengulangi kesalahan di tahun 2008. Sehingga nantinya kalian akan menjadi Polisi Papua yang betul betul bisa melayani saudara sendiri dan saudara kita di luar sana berharap bahwa kita bisa menjadi contoh dan menjadi Polisi Papua yang dapat dibanggakan,” kata Wakapolda.
Dikatakan, Polda Papua telah menyiapkan generasi-generasi pemimpin Papua. Sehingga polisi papua selalu diperhatikan. “Setiap anggota harus siap di tempatkan dimana saja. Karena kita mau dari waktu ke waktu Polisi di Papua semakin baik, ini harus kita siapkan sebaik baiknya, saya yakin dan percaya Bintara Noken ini menjadi calon Bintara Polri yang terbaik,” ucapnya.
Adapun 274 peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri T.A 2020 akan dibekali fungsi-fungsi Kepolisian, sikap-sikap dasar Kepolisian. Sehingga mahir dalam melaksanakan tugasnya dan melahirkan Bintara Polri SPN Polda Papua yang luar biasa. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *